Tak Hanya Kesehatan, Terpapar BPA Bisa Timbulkan Kerugian Ekonomi

Rabu, 02 Februari 2022 - 00:02 WIB
loading...
Tak Hanya Kesehatan, Terpapar BPA Bisa Timbulkan Kerugian Ekonomi
BPOM menemukan kecenderungan mengkhawatirkan setelah uji post-market air minum galon isi ulang dalam satu tahun terakhir. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan kecenderungan yang mengkhawatirkan setelah uji post-market air minum galon isi ulang dalam satu tahun terakhir. Kondisi itu patut diwaspadai dan segera dicarikan jalan keluar agar tidak mengganggu aktivitas bisnis di masa mendatang.

Adapun uji tersebut menunjukkan adanya potensi bahaya migrasi Bisfenol-A pada sarana distribusi dan fasilitas produksi industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) telah mencapai ambang batas berbahaya.

"Pada uji post-market 2021-2022, dengan sampel yang diperoleh dari seluruh Indonesia, menunjukkan kecenderungan yang mengkhawatirkan," kata Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Rita Endang, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/2/2022).



Bisfenol-A, kerap disingkat BPA, adalah bahan campuran utama polikarbonat, jenis plastik pada kebanyakan galon isi ulang yang beredar di pasar. Sebagai bahan kimia, BPA berfungsi menjadikan plastik polikarbonat mudah dibentuk, kuat, dan tahan panas. Plastik polikarbonat mudah dikenali dengan kode daur ulang '7' pada dasar galon.

Menurut Rita, hasil uji migrasi BPA, yakni perpindahan BPA dari kemasan pangan ke dalam pangan menunjukkan 33% sampel pada sarana distribusi dan peredaran serta 24% sampel pada sarana produksi berada pada rentang batas migrasi BPA 0,05 mg/kg yang ditetapkan Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA) dan 0,6 mg/kg berdasarkan ketentuan di Indonesia.

"Potensi bahaya di sarana distribusi dan peredaran 1,4 kali lebih besar dari sarana produksi," katanya.

Selain itu, tambahnya, terdapat potensi bahaya di sarana distribusi hingga 1,95 kali berdasarkan pengujian terhadap kandungan BPA pada produk AMDK berbahan polikarbonat dari sarana produksi dan distribusi seluruh Indonesia.

BPOM juga melakukan kajian paparan BPA pada konsumen produk galon isi ulang dengan hasil menunjukkan kelompok rentan pada bayi usia 6-11 bulan berisiko 2,4 kali dan anak usia 1-3 tahun berisiko 2,12 kali dibandingkan dengan kelompok dewasa usia 30-64 tahun.

"Kesehatan bayi dan anak merupakan modal paling dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing yang merupakan salah satu tujuan RPJMN Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2908 seconds (0.1#10.140)