3 Calon Kuat Bos OJK Pilihan Istana

Rabu, 02 Februari 2022 - 07:00 WIB
loading...
3 Calon Kuat Bos OJK Pilihan Istana
Istana dinilai punya pengaruh atas calon anggota dewan komisioner OJK. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pansel Pemilihan Calon Dewan Komisioner OJK sudah merilis 155 nama-nama yang lolos seleksi tahap I. Dengan pengaruh istana , ada beberapa nama yang dinilai menjadi kandidat kuat untuk menjadi Ketua Dewan Komisioner OJK.



Pengamat ekonomi dari Indef Nailul Huda memperkirakan saat ini istana sedang menimbang-nimbang kandidat yang akan menduduki jabatan Ketua DK OJK menggantikan Wimboh Santoso.

"Saat ini istana sedang menyeleksi calon Ketua DK OJK dari sisi kepentingannya," ujar Huda saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta (1/2/2022).

Dia menilai terdapat calon kuat yang akrab dengan pemerintah, yaitu Mirza Adityaswara yang kini menjabat Direktur Utama Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

"Calon kuat Mahendra yang sekarang menjabat Wakil Menteri Luar Negeri. Ada Iskandar Simorangkir juga dari Kemenko Perekonomian. Lalu Mirza Adityaswara yang pernah memiliki posisi penting di BI, LPS, bahkan OJK," ujar Huda.

Menurutnya ketiga nama tersebut secara kapasitas sangat memenuhi karena punya rekam jejak panjang, seperti Mirza Adityaswara dan Iskandar Simorangkir yang pernah berkiprah di Bank Indonesia. Kemudian Mahendra Siregar pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan, Wakil Menteri Keuangan, dan Dubes RI di Amerika Serikat.



"Mirza dan Iskandar yang dulu di Bank Indonesia dan hingga sekarang masih berkecimpung mengurus soal ekonomi juga," katanya.

Berikut profil ketiga kandidat Ketua DK OJK yang disebut dekat dengan istana tersebut:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5122 seconds (0.1#10.140)