Pemerintah terus upayakan capai MDGs

Rabu, 03 Oktober 2012 - 14:54 WIB
Pemerintah terus upayakan capai MDGs
Pemerintah terus upayakan capai MDGs
A A A
Sindonews.com - Pemerintah berkomitmen untuk menggenjot ekonomi sehingga dapat mencapai tujuan Millennium Development Goals (MDGs). Ini mencerminkan komitmen negara untuk menyejahterakan rakyat, sekaligus menyumbang pada kesejahteraan masyarakat dunia.

Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana mengungkapkan, MDGs merupakan acuan penting dalam penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2004-2009 dan 2010-2014, Rencana Kerja Pemerintah Tahunan.

"Saat ini Bappenas telah menyelesaikan Laporan Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium MDGs di Indonesia 2011 bekerjasama dengan kementerian lembaga terkait," ujar dia dalam siaran persnya, Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Armida mengatakan, laporan ini menggambarkan keadaan dan kencenderungan serta upaya-upaya penting untuk percepatan pencapaian dari delapan goal MDGs.

Goals MDGs tersebut, yakni, menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV dan AIDS, Malaria dan penyakit menular lainnya, memastikan kelestarian lingkungan hidup, serta mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

"Dalam memenuhi komitmen tersebut, Indonesia tentunya menghadapi tantangan global yang tidak ringan. Perdagangan bebas, harga minyak yang masih meningkat yang diikuti oleh subsidi BBM yang semakin membengkak, perubahan iklim dan pemanasan global serta krisis ekonomi dikawasan Eropa, mewarnai dinamika sosial dan ekonomi pembangunan nasional," ujar Armida.

Adapun tujuan MDGs, yakni proporsi penduduk dengan pendapatan kurang dari USD1 (PPP) per kapita per hari, MDG III, yaitu rasio APM perempuan terhadap laki-laki SMA atau MAG Paket c dan rasio angka melek huruf perempuan terhadap laki-laki umur 15-24 tahun, dan MDG VI yaitu pengendalian penyebaran dan penurunan jumlah kasus baru tuberkulosis (TBC).
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4247 seconds (0.1#10.140)