Apindo Pede UMKM Sektor Pengolahan hingga Transportasi Tumbuh Positif di 2022

Senin, 07 Februari 2022 - 23:03 WIB
loading...
Apindo Pede UMKM Sektor Pengolahan hingga Transportasi Tumbuh Positif di 2022
Ilustrasi pelaku UMKM kerajinan. Foto/Dok MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyebut pertumbuhan UMKM sektor pengolahan, rumah tangga, makanan dan minuman (mamin), tembakau, dan transportasi menunjukkan tren positif pada 2021.

Ketua Apindo bidang Industri Kecil Menengah (IKM) Ronald Walla optimistis tren tersebut akan terjaga dan terus melaju pada tahun ini.

"Mereka (pelaku UMKM) cepat beradaptasi. Saya mengapresiasi upaya pemerintah dalam menangani kasus Covid di Tanah Air. Sehingga, PPKM bisa dilonggarkan dan membuat para UMKM sektor-sektor tersebut kembali menggeliat," ujarnya dalam acara dialog di IDX Channel, Senin (7/2/2022).



Menurut Ronald, geliat para pelaku UMKM dalam berwirausaha tidak terlepas dari dukungan pemerintah. Seperti diketahui, berbagai inisiatif telah digulirkan demi mendukung pelaku UMKM agar tetap bertahan dan berjuang di tengah pandemi Covid-19.

"Selama dua tahun ini kita sangat di-support sekali oleh pemerintah, bermental wirausaha sehingga laporan keuangan pelaku UMKM juga lebih rapi, terutama didukung juga dengan fintech (teknologi keuangan)," urainya.

Ronald menerangkan, dibalik terpaan pandemi Covid-19, ternyata pelaku UMKM informal yang berasal dari daerah mampu bangkit bahkan mampu memperluas jaringan hingga ke tingkat nasional.



"Jadi waktu pandemi itu, memang 90% pelaku UMKM itu terimbas tapi 10%-nya ada yang masih positif (pertumbuhannya). Malah pelaku UMKM yang menggeluti di daerahnya saja, bisa tumbuh menjadi pelaku UMKM nasional," jelasnya.

Menariknya, para pelaku UMKM daerah bisa menangkap peluang dari pemanfaatan ruang digital seperti platform Instagram dan TikTok sebagai wadah mempromosikan produk jualannya.

"Pelaku UMKM ini ada yang canggih di sektor digital, misalnya fasih bermain TikTok, Instagram, bisa memanfaatkan platform tersebut untuk memperluas usahanya agar lebih dikenal oleh masyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri," paparnya.



Dia pun menambahkan bahwa banyak manfaat yang bisa dipetik dari digitalisasi, termasuk dalam memperluas pemasaran produk UMKM. “Semakin menggeluti ruang digital, semakin banyak manfaat yang didapatkan," imbuhnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2389 seconds (0.1#10.140)