Ekspor Produk Olahan Industri Bakal Geser Hasil Tambang dan Migas

Rabu, 09 Februari 2022 - 23:59 WIB
loading...
Ekspor Produk Olahan Industri Bakal Geser Hasil Tambang dan Migas
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meyakini ekspor produk olahan industri bakal mendominasi dan menjadi yang teratas, menggantikan produk hasil olahan tambang serta minyak dan gas (migas).

"Saya yakin ekspor produk-produk olahan industri akan lebih kuat di masa mendatang jika Indonesia disiplin melakukan hilirisasi," kata Mendag pada acara Mandiri Investment Forum 2022 secara daring, Rabu (9/2/2022).



Mendag menerangkan, porsi ekspor hasil olahan industri saat ini mencapai 76,49% dan diyakini akan lebih tinggi di masa mendatang.

"Produk olahan akan lebih besar di masa mendatang karena dari sisi pertambangan dan migas akan semakin berkurang proporsinya," tukasnya.

Adapun produk-produk yang menopang ekspor sektor olahan industri adalah otomotif, besi baja, dan elektronika. Untuk diketahui, besi baja Indonesia telah menembus pasar China.



Menurut Lutfi, hal itu berarti Indonesia mampu memperluas jangkauan ekspor besi baja ke negeri lainnya, bahkan seharusnya bisa tembus negara-negara di Afrika.

Lebih lanjut dia menambahkan, produk olahan industri yang menjadi primadona negara tujuan ekspor seperti China adalah Crude Palm Oil (CPO).

Sementara untuk ekspor elektronik, Lutfi meyakini proses pengiriman ekspor bisa menjangkau ke negeri seberang selain Singapura.



"Sekitar 18,3% ekspor elektronik Indonesia masuk ke Singapura, itu hanya sebagai negara transit dan akan diekspor kembali ke negara lain," ungkapnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)