Berlian Hitam Berusia Miliaran Tahun Laku Terjual, Harganya Fantastis

Kamis, 10 Februari 2022 - 20:23 WIB
loading...
Berlian Hitam Berusia Miliaran Tahun Laku Terjual, Harganya Fantastis
Sebuah berlian hitam berusia satu miliar tahun dan diyakini sebagai berlian terbesar di dunia telah terjual. Juru lelang Sothebys tidak mengungkapkan identitas pembeli, sedangkan pengusaha kripto mengklaim telah memilikinya. Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Sebuah berlian hitam berusia satu miliar tahun dan diyakini sebagai berlian terbesar di dunia telah terjual seharga USD4,3 juta setara dengan Rp61,46 miliar (Kurs Rp14.295 per USD). Dinamakan The Enigma, berlian 555,55 karat yang beratnya hampir sama dengan pisang itu diperkirakan terjual lebih dari 4,4 juta pounds secara online.

Juru lelang Sotheby's mengatakan "pembeli telah memilih untuk menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran,". Banyak teori yang beredar tentang asal-usul batu berharga tersebut, dimana salah satunya dibawa ke Bumi oleh asteroid.



Sotheby's tidak mengungkapkan identitas pembeli setelah lelang berakhir. Selanjutnya pengusaha kripto , Richard Heart bicara ke media sosial dan mengklaim bahwa dia adalah pembeli The Enigma.

Berlian Hitam Berusia Miliaran Tahun Laku Terjual, Harganya Fantastis


Dia mengatakan, kepada lebih dari 180.000 followers Twitternya bahwa "segera setelah pembayaran selesai dan kepemilikan telah diambil" permata itu akan dinamai "berlian HEX.com", mengacu pada platform blockchain yang dia dirikan.

Permata itu adalah carbonado, yang merupakan salah satu bentuk berlian alami yang paling keras. Carbonados sangat langka dan hanya pernah ditemukan di Brasil dan Republik Afrika Tengah.



Karena mengandung osbornite, mineral yang hanya ditemukan di meteor, mereka diyakini berasal dari luar angkasa. Sotheby's menggambarkan The Enigma sebagai "salah satu keajaiban kosmik paling langka berusia miliaran tahun yang diketahui umat manusia."

Meskipun asal usul berlian hitam masih diselimuti misteri. Berlian hitam biasanya berusia sekitar 2,6 hingga 3,2 miliar tahun atau sebelum dinosaurus ada. Bumi sendiri berusia sekitar 4,65 miliar tahun, jadi tidak jauh lebih tua dari berlian hitam.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)