Benahi Sistem Kerja BUMN Lebih Transparan, Erick Thohir Diapresiasi

Minggu, 13 Februari 2022 - 18:59 WIB
loading...
Benahi Sistem Kerja BUMN Lebih Transparan, Erick Thohir Diapresiasi
Keberanian Menteri BUMN Erick Thohir membongkar kasus-kasus korupsi di BUMN mendapatkan apresiasi banyak tokoh masyarakat. Foto/Dok. SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Aksi Menteri BUMN Erick Thohir membongkar kasus-kasus korupsi di tubuh perusahaan pelat merah mendapat apresiasi. Berkat sepak terjang mantan bos Inter Milan tersebut, sistem kerja BUMN dinilai semakin transparan.

"Erick Thohir kita semua sudah tahu kerja nyatanya. Dulu BUMN secara manajemen keuangan cukup berantakan, banyak yang kurang terbuka, jadinya banyak permainan di tubuh BUMN. Kami melihat hadirnya Erick Thohir menjadi suatu keniscayaan," ungkap tokoh pemuda Jatim, Raden Saputra dalam keterangannya, Minggu (13/2/2022).



Karena aksi nyata itu pula, Raden Saputra menilai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tersebut layak mendapat dukungan untuk melangkah maju meneruskan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami rasa tepat untuk memberikan dukungan kepada Pak Erick untuk menjadi presiden selanjutnya meneruskan kepemimpinan Pak Jokowi melalui kontestasi demokrasi mendatang," ujarnya.

Dukungan juga diutarakan tokoh pemuda Jatim lainnya, Lembah Wahyu Pratama yang mengatakan bahwa Erick Thohir yang juga anggota kehormatan Banser telah teruji keberaniannya. Erick, kata dia, terbukti berhasil mengungkap kasus korupsi PT Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero) yang sudah bertahun-tahun merugikan masyarakat.



Selain itu, lanjut dia, Erick juga tak segan melaporkan dugaan kasus korupsi oknum pegawai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk kepada Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai salah satu upaya penyelamatan maskapai penerbangan pelat merah tersebut. Erick Thohir juga menerapkan ISO 37001 atau Anti Suap di seluruh wilayah Kementerian BUMN untuk meminimalisir tindak pidana korupsi.

"Beliau berani membongkar beberapa indikasi-indikasi korupsi dan langsung dibuka secara publik. Dia berani menghentikan secara terus terang, di mana indikasi korupsi itu sudah berjalan sejak lama dan Erick Thohir berani membongkarnya," tutur Lembah.

Katrna itu, dia pun yakin Erick Thohir pantas mendapatkan amanah untuk maju dalam kontestasi demokrasi mendatang. "Saya mendukung sekali Erick Thohir menjadi Presiden RI. Karena saat diberi amanah, dia mengemban dengan tanggung jawab yang luar biasa, dan itu sudah terbukti," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2567 seconds (0.1#10.140)