Penerbangan mancanegara normal

Kamis, 15 November 2012 - 16:30 WIB
Penerbangan mancanegara normal
Penerbangan mancanegara normal
A A A
Sindonews.com - Penerbangan internasional dari Malaysia dan Singapura menuju Bandara Husein Sastranegara, Bandung tidak mengalami lonjakan signifikan. Padahal, pada libur panjang kali ini, di Bandung sedang digelar Balkot Festival 2012.

Rangkaian acara yang digelar tanggal 15-18 November dinilai belum mampu menyedot wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Bandung.

“Penerbangan internasional ke Bandara Husein Sastaranegara masih normal. Kalaupun ada kenaikan tidak terlalu signifikan,” jelas General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sasatranegara Eko Diantoro di Bandung, Kamis (15/11/2012).

Menurut dia, sebagian besar wisman tidak mengatahui informasi acara yang sedang berlangsung di Kota Bandung. Padahal, bila informasi tersebut tersampaikan akan memiliki potensi menaikkan jumlah kunjungan wisman ke Bandung. Diakui dia, peningkatan kunjungan wisman biasanya terjadi pada saat tertentu, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Natal serta tahun baru.

“Pada momen tahun baru, kunjungan wisman ke Bandung dapat menaikkan okupansi maskapai antara 10-15 persen,” jelas dia. Semestinya, lanjut dia, kunjungan wisman ke Bandung bisa terus dijaga, tidak mesti pada acara besar saja.

Lain halnya dengan kunjungan wisatawan domestik (wisdom). Diakui Eko, pada saat libur panjang, okupansi sejumlah maskapai dari dan menuju Bandung bisa naik antara 10-15 persen per hari. Dengan jumlah okupansi antara 70-80 persen untuk setiap penerbangan. Kondisi tersebut, terjadi pada hari pertama libur panjang atau satu hari sebelum libur.

“Dua hari jelang long weekend, penumpang domestik biasanya mengalami kenaikan. Bandara Husein biasanya akan ramai kembali pada hari Minggu sore atau Senin pagi dengan dominasi penumpang keluar,” beber Eko.

Untuk diketahui, di Bandara Husein Sastranegara Bandung, terdapat sejumlah maskapai yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Maskapai yang melayani penerbangan domestik, diantaranya Garuda Indonesia, Lion Air, Merpati Nusantara Airlines, Sriwijaya Air, dan Air Asia. Sedangkan maskapai yang melayani penerbangan internasional, yaitu Air Asia.

Lonjakan kunjungan wisdom melalui Husein Sastranegara Bandung, juga berpengaruh terhadap okupansi hotel di Kota Bandung. Sejumlah hotel berbintang mengaku kebanjiran pesanan untuk tamu dari luar kota.

Assistant Public Relation Manager Hyatt Regency Hotel Widagdo Triyogie Sanyoto mengaku, okupansi kamar di Hyatt sudah mencapai 85-90 persen.

Menurut dia, sebagian besar tamu hotel telah melakukan reservasi sejak awal pekan ini. “Mereka sudah booking sejak dari awal minggu ini karena khawatir tidak kebagian kamar,” jelas Yogi.

Selian itu, lanjut dia, posisi akhir tahun biasanya dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan meeting. Kondisi ini cukup menaikkan okupansi hotel.

Hal serupa juga diakui Public Relation The Trans Luxury Hotel Winda Yuliani. Menurut dia, okupansi kamar di hotel yang terletak di Jalan Gatot Subroto itu telah mencapai 90 persen. Hal tersebut terjadi karena sebelum hari libur panjang berlangsung, banyak tamu hotel yang sudah booking kamar.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6702 seconds (0.1#10.140)