KBRI Tokyo Apresiasi Diaspora Loan BNI untuk UMKM Indonesia di Jepang

Jum'at, 18 Februari 2022 - 16:06 WIB
loading...
KBRI Tokyo Apresiasi Diaspora Loan BNI untuk UMKM Indonesia di Jepang
BNI kerja sama penyaluran kredit dengan Dopang Co. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Tokyo Tri Purnajaya menyaksikan penandatanganan pemberian kredit Diaspora Loan bagi Dopang Co. oleh Bank Negara Indonesia ( BNI ) Cabang Tokyo, Jumat (18/2/2022). Diaspora Loan BNI ini adalah yang pertama di luar negeri.

Baca juga: The Fox, The Folks Indonesia Juara Pertama Tokyo Light Festival 2021

“Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo melalui kolaborasi dalam UMKM Center yang diinisiasi bersama BI Tokyo, BNI Tokyo dan BUMN lainnya di Jepang terus berkomitmen memfasilitasi pengembangan bisnis UMKM Indonesia untuk dapat menembus pasar Jepang sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi,” kata Tri Purnajaya didampingi Kepala Bidang Ekonomi KBRI Tokyo Rima Cempaka.

Tri Purnajaya melanjutkan, pasar Jepang dikenal dengan standarnya yang tinggi. Oleh karena itu, jika sudah dapat masuk ke pasar Jepang, maka produk Indonesia akan lebih mudah melakukan penetrasi ke pasar internasional.

"Untuk itu, pemberdayaan UMKM Indonesia untuk berkembang di pasar Jepang adalah salah satu prioritas utama KBRI Tokyo,“ tambahnya.

Direktur Tresuri dan Internasional PT BNI (Persero) Tbk Henry Panjaitan mengungkapkan peran penting Diaspora Loan sebagai skema pendanaan yang mendukung pengembangan bisnis pelaku UMKM Indonesia di luar negeri melalui pemberian kredit yang dilakukan secara prudent dan selektif.



Pelaksana Tugas General Manager BNI Tokyo, Dyah Paramita, menegaskan bahwa salah satu mandat BNI Tokyo adalah untuk memfasilitasi Indonesia-related business di Jepang. "Melalui Diaspora Loan ini, BNI Tokyo harapkan dapat dapat mengakomodir kebutuhan diaspora Indonesia di Jepang dalam mengembangkan usahanya,” pungkas Dyah Paramita.

Sementara itu, Tania Mirella, founder Dopang Co yang juga diaspora Indonesia di Jepang, menjelaskan beberapa proyek yang sedang dikerjakan Dopang Co saat ini, antara lain “Gengoya” (platform pembelajaran Bahasa Jepang secara online) dan “Dentayori” (blended learning dan platform career planning platform untuk komunitas dokter gigi)”. Nama Dopang Co sendiri diambil dari penggalan kata DO pada In(DO)nesia dan PANG pada Je(Pang).

Dopang Co. merupakan startup yang diinisiasi oleh Tania Mirella pada 2020 dan berfokus dalam penyediaan platform daring maupun luring untuk mempertemukan pelaku industri kreatif UMKM di Indonesia dan Jepang. Dopang juga salah satu peserta “Bootcamp for Indonesian and Japanese Technopreneuer (BIJTe)” yang digelar KBRI Tokyo Oktober 2021 untuk mendukung visi Indonesia sebagai “Digital Energy of Asia” dan pengembangan sektor ekonomi digital dan kreatif.

Baca juga: Hasil Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022: Indonesia Juara Grup A Usai Atasi India 3-1

Jepang adalah salah satu mitra dagang utama Indonesia, dengan nilai perdagangan bilateral pada tahun 2021 mencapai USD32,5 miliar, dengan surplus Indonesia USD3,2 miliar. Informasi lebih lanjut data dan kerja sama ekonomi Indonesia – Jepang dapat diakses melalui dashboard Japan Indonesia Partnership Lounge (JAIPONG) melalui tautan www.dashboard.kbritokyo.jp.
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1945 seconds (11.97#12.26)