Erick Thohir Ajak Mahasiswa RI di LN Merapat ke BUMN

Jum'at, 18 Februari 2022 - 20:45 WIB
loading...
Erick Thohir Ajak Mahasiswa RI di LN Merapat ke BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kesempatan bagi para mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Luar Negeri (LN) agar berkontribusi di perusahaan pelat merah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kesempatan bagi para mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Luar Negeri (LN) agar berkontribusi di perusahaan pelat merah. Upaya itu dilakukan melalui program Indonesia Global Talent Intership.

Mengutip keterangan resmi Kementerian BUMN, program Indonesia Global Talent Intership merupakan kerja sama antara Kementerian BUMN, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).



Program tersebut pun melibatkan para pelajar Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di berbagai negara. Penyelenggaraan akan berlangsung pada Januari-Maret 2022.

"Program yang melibatkan para pelajar Indonesia dari berbagai penjuru dunia ini sangat seru dan menantang," tulis Kementerian BUMN, dikutip Jumat (18/2/2022).

Para mahasiswa diberi ruang agar dapat berkontribusi langsung di BUMN dan Indonesia melalui proyek-proyek strategis yang telah disipkan. Selain itu para peserta juga dimentori dan berkolaborasi dengan talenta-talenta terbaik di BUMN.



Di lain sisi, Erick Thohir juga meminta seluruh jajaran direksi dan komisaris BUMN untuk mengembalikan riset dan pengembangan (R&D) di perguruan tinggi.

"Sejak awal kami meminta seluruh direksi dan komisaris BUMN mengubah pola pikirnya, kembalikan riset dan pengembangan atau R&D di universitas. Kembalikan R&D di universitas, tugasnya BUMN mengkorporasikan," kata dia.

Menurut Menteri BUMN, pemahaman tersebut penting karena di era disrupsi saat ini fundamental universitas dan pembangunan SDM menjadi kunci penting dalam menghadapi persaingan yang akan semakin berat ke depannya.

"Karena itu kita harus menjadi bagian daripada inovasi dan digitalisasi ini. Kami melakukan juga banyak transformasi di digital," tutur Erick.

Sebelumnya, Erick Thohir juga mengatakan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) BUMN fokus pada tiga hal yakni pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)