Berkat Transformasi, Laba Bank Himbara Melesat 78,06%

Senin, 21 Februari 2022 - 14:21 WIB
loading...
Berkat Transformasi, Laba Bank Himbara Melesat 78,06%
Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi kinerja positif bank-bank Himbara sepanjang 2021 yang tak lepas dari transformasi BUMN. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang terdiri dari BRI, Mandiri, BNI dan BTN pada akhir Desember 2021 secara total meraup laba sebesar Rp72,05 triliun. Capaian ini melesat 78,06% dari perolehan laba tahun 2020 yang sebesar Rp40,34 triliun.

Secara terperinci, secara total di sepanjang tahun 2021, BRI mampu mencetak laba sebesar Rp30,76 triliun, Mandiri Rp28,03 triliun, BNI Rp10,89 triliun dan BTN Rp2,37 triliun.



Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi kinerja bank-bank milik negara tersebut dan menegaskan bahwa pencapaian tersebut merupakan buah dari hasil transformasi dan efisiensi yang saat ini tengah dilakukan oleh Kementerian BUMN beserta seluruh perusahaan BUMN.

"Meski kita semua terus berjuang menghadapi disrupsi akibat pandemi, kinerja positif Himbara nyatanya tetap bisa ditingkatkan. Kinerja keuangan, operasional, dan tanggung jawab sosial yang dilakukan dapat meningkat dengan pesat. Hal ini tak lepas dari transformasi yang tengah dilakukan," ungkap Erick, Senin (21/2/2022).

Erick Thohir juga mengapresiasi transformasi di masing-masing bank Himnara yang kemudian saat ini menjadi keunggulan kompetitif dalam persaingan di industri keuangan nasional. Dia mengatakan, masing-masing bank telah memiliki spesialisasi unik dan berbeda sehingga tidak ada tumpang tindih.



"Seperti misalnya BRI yang semakin fokus pada segmen UMKM dan ultra mikro, Mandiri didedikasikan fokus menggarap segmen korporasi dan pengusahan nasional agar dapat terus bangkit, BNI memiliki tugas khusus menggarap bisnis interasional dan BTN akan tetap pada bisnis utamanya di bidang perumahan untuk mengurangi angkabacklogdan membantu masyarakat, termasuk millenials, agar lebih mudah mendapatkan hunian,” jelas Erick.

Ke depan, lanjut dia, pihaknya harapkan Himbara akan semakin berperan menjadi motor penggerak utama perekonomian nasional melalui pemberdayaan dari berbagai segmen.

Ketua Himbara Sunarso yang juga merupakan Direktur Utama BRI mengungkapkan kunci utama keberhasilan dalam menjaga kinerja positif meski dibayangi pandemi. Sunarso mengatakan, capaian tersebut tak lepas dari transformasi dan kecakapan Himbara dalam merespons pandemi yang terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2758 seconds (0.1#10.140)