Tahap Awal Pembangunan IKN Nusantara Fokus ke KIPP, Menteri Basuki: Terbagi 3 Klaster

Rabu, 23 Februari 2022 - 11:42 WIB
loading...
Tahap Awal Pembangunan IKN Nusantara Fokus ke KIPP, Menteri Basuki: Terbagi 3 Klaster
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, tahap awal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan di fokuskan pada pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tahap awal pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur akan di fokuskan pada pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).



Pembangunan KIPP di IKN Nusantara itu pun terbagai menjadi 3 klaster. Kawasan Inti Pemerintahan, kawasan inti Pendidikan, dan kawasan inti kesehatan.

"KIPP ini luasnya ada 6.671 Hektare, terbagi menjadi 3 klaster, masing-masing klaster ada huniannya, ada komersialnya," ujar Menteri Basuki pada diskusi Beranda Nusantara 'Menuju Ibu Kota Negara Baru', Rabu (23/2/2022).

Menteri Basuki menjelaskan, hal tersebut bertujuan agar pembangunan kota tidak hanya berisi pusat pemerintahan saja. Pembangunan tersebut masuk dalam fokus utama pembangunan IKN tahap pertama.

Disamping itu Menteri Basuki menjelaskan, pembangunan IKN tetap memperhatikan ketersediannya lahan hijau yang ada. Menurutnya tidak semua lahan hutan dijadikan untuk pembangunan.

"70% harus hijau, 20 - 30% itulah yang hanya bangunan, jadi itu memang akan menjadi kota baru," kata Menteri Basuki.



Lebih lanjut Menteri Basuki menambahkan, untuk tahap pertama yang akan dilakukan pemerintah adalah untuk melakukan reboisasi hutan-hutan di kalimantan. "Kita akan rehabilitasi, karena yang pertama kali dilakukan adalah penanaman pohon," tutur Menteri Basuki.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3476 seconds (0.1#10.140)