Utamakan K3, Deretan Perusahaan Ini Diganjar WSO Indonesia Safety Culture Award 2022

Rabu, 23 Februari 2022 - 22:22 WIB
loading...
Utamakan K3, Deretan Perusahaan Ini Diganjar WSO Indonesia Safety Culture Award 2022
Pekerja memperbaiki kaca jendela di gedung hotel kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (12/2/2022). Foto/MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di tempat kerja dan perusahaan sangat penting diterapkan guna memastikan karyawan selalu sehat dan mencegah kematian karena kecelakaan.

World Safety Organization (WSO) Indonesia mencatat sebanyak 130.000 kecelakaan terjadi setiap tahunnya, dengan korban meninggal mencapai 2.500 per tahun.

Program Indonesia Berbudaya K3 sebagai pondasi utama untuk mencapai kinerja K3 Berkelas Dunia yang dicanangkan sejak 2015 menjadi tolok ukur Tingkat Kematangan Budaya K3 di masing-masing perusahaan.



Sebagai apresiasi bagi perusahaan yang sukses menjalankan program budaya K3 tersebut, WSO Indonesia menggelar WSO Indonesia Safety Culture Award (WISCA) yang diikuti 58 perusahaan. Acara yang digelar secara virtual pada Selasa (22/2) itu dibuka oleh perwakilan dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

“Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada 58 pimpinan perusahaan yang telah terlibat dalam kegiatan WISCA sejak awal, sehingga kegiatan tahunan ini bisa terlaksana,” ujar Chairman WSO Indonesia Soehatman Ramli dalam sambutannya, dikutip Rabu (23/2/2022).

Adapun deretan perusahaan penerima penghargaan dalam WSO Indonesia Safety Culture Award di antaranya untuk kategori penghargaan Platinum diberikan kepada PT Badak NGL.

Selanjutkan untuk kategori Gold diberikan kepada sejumlah persuahaan, antara lain PT Adhi Persada Beton, PT Pertamina Drilling Services Indonesia, PT Pamapersada Nusantara, PT Elnusa Tbk, PT Brantas Abipraya, dan PT Ciputra Residence. Sedangkan untuk kategori Silver dianugerahkan kepada PT Nindya Karya Persero dan PT Virama Karya.



Usai menerima penghargaan, empat nara sumber dari perwakilan perusahaan mengikuti acara bincang-bincang untuk berbagai pengalaman terkait penerapan budaya K3 di tempat kerjanya masing-masing.

Lebih lanjut, Soehatman Ramli berharap WISCA bisa terus digelar dalam rangka mendorong terciptanya Indonesia Berbudaya K3 Berkelas Dunia, dengan peserta yang lebih banyak lagi.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Kemnaker serta WSO International yang telah memberikan dukungan kepada WSO Indonesia dalam penyelenggaraan WISCA dalam 3 tahun terakhir.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)