Mulai Pekan Depan, Vaksin Dosis 2 Jadi Penentu Level Asesmen Tiap Daerah

Minggu, 27 Februari 2022 - 22:17 WIB
loading...
Mulai Pekan Depan, Vaksin Dosis 2 Jadi Penentu Level Asesmen Tiap Daerah
Warga memanfaatkan kawasan jalan Jenderal Sudirman - Thamrin, Jakarta, untuk berolahraga saat akhir pekan. Foto/MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan memberlakukan syarat vaksinasi dosis kedua untuk menentukan level asesmen setiap daerah mulai pekan depan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, syarat level vaksinasi dosis kedua untuk menentukan asesemen level mingguan tiap daerah telah berhasil mendorong percepatan vaksinasi dosis kedua umum dan lansia di Jawa dan Bali. Untuk itu, hal yang sama akan dilakukan dalam menentukan level asesmen setiap daerah.

“Mulai minggu depan, pemerintah akan secara efektif memberlakukan syarat vaksinasi dosis kedua untuk menentukan level asesmen tiap daerah,” kata Luhut dalam jumpa pers evaluasi PPKM, Minggu (27/2/2022).



Menurut Luhut, syarat vaksinasi dalam penentuan level asesmen ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah kabupaten/kota yang masuk level 3 dan 4. Namun, tren peningkatan ini diproyeksikan akan berbalik menurun mulai minggu depan.

“Terkait asesmen level yang terbaru, secara lengkap dapat terlihat pada Inmendagri yang akan keluar pada 28 Februari esok hari,” ucapnya.

Dia menambahkan, syarat level vaksinasi dosis kedua untuk menentukan asesemen Level mingguan tiap daerah telah berhasil mendorong percepatan vaksinasi dosis kedua umum dan lansia di Jawa Bali.

“Dari sebelumnya 21 Kabupaten atau Kota yang tidak memenuhi syarat dosis kedua umum menjadi hanya tersisa 7 kabupaten/kota. Selain itu untuk dosis kedua lansia dari sebelumnya 26 Kabupaten/kota saat ini hanya tersisa 10 kabupaten/kota,” bebernya.

Dengan begitu, pemerintah ke depan akan terus mengkaji dan menerapkan kebijakan yang dapat mendorong tingkat vaksinasi ke level tertinggi agar syarat pra-kondisi endemi yakni tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi dapat segera tercapai.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)