Pengumuman! Karantina PPLN Hanya 3 Hari per 1 Maret, Bali Bebas Karantina per 14 Maret

Minggu, 27 Februari 2022 - 20:13 WIB
loading...
Pengumuman! Karantina PPLN Hanya 3 Hari per 1 Maret, Bali Bebas Karantina per 14 Maret
Wisatawan asing menikmati suasana pantai di Badung, Bali. Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah akan memangkas karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) menjadi hanya 3 hari mulai 1 Maret 2022.

Keputusan tersebut diambil seiring perkembangan gelombang varian Omicron di Tanah Air yang terus menunjukkan tanda-tanda membaik.

“Setelah mendengar masukkan dari para pakar dan juga menganalisa data-data yang ada, maka pada 1 Maret mendatang pemerintah hanya akan memberlakukan karantina 3 hari bagi PPLN yang sudah vaksinasi lengkap dan juga booster,” kata Luhut dalam jumpa pers evaluasi PPKM, Minggu (27/2/2022).

Baca juga: Mafia Karantina dan Visa di Bali Marak, Menparekraf Sandiaga Uno: Mencoreng Pariwisata Indonesia

Luhut menambahkan, bagi PPLN atau wisatawan mancanegara (wisman) yang datang di Bali, pemerintah juga akan melakukan uji coba tanpa karantina yang rencananya akan mulai diberlakukan pada 14 Maret mendatang.

Selain itu, sambung Luhut, mulai minggu depan pemerintah juga akan secara efektif memberlakukan syarat vaksinasi dosis kedua untuk menentukan level asesmen setiap daerah.

Baca juga: Karantina PPLN Jadi 3 Hari, Pengusaha Pariwisata dan Perhotelan Riang Gembira

Lebih lanjut, Luhut menyampaikan bahwa saat ini tingkat rawat inap rumah sakit menunjukkan tanda perlambatan dan kasus kematian secara keseluruhan berada pada level yang juga rendah yakni di bawah varian Delta.



“Secara spesifik, pemerintah memilih Bali sebagai lokasi uji coba proyek percontohan dikarenakan tingkat vaksinasi dosis kedua umum yang sudah tinggi dibandingkan provinsi lainnya,” ungkapnya.

Sebagai informasi, sejak awal bulan ini bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali kembali menyambut rute penerbangan internasional dan jumlah maskapainya juga terus bertambah. Dengan demikian, Pulau Dewata perlahan akan kembali diramaikan oleh kedatangan wisatawan mancanegara.
(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3584 seconds (10.177#12.26)