Diserbu Rusia, Ternyata Ukraina Simpan Harta Karun Berharga

Rabu, 02 Maret 2022 - 16:44 WIB
loading...
Diserbu Rusia, Ternyata Ukraina Simpan Harta Karun Berharga
Ukraina menyimpan sederet harta karun berharga yang mungkin menjadi incaran negara-negara lainnya. Foto/Reuters/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Invasi yang diklaim Rusia sebagai operasi militer terhadap Ukraina telah memasuki hari keenam. Rusia menyebut aksi militernya adalah untuk demiliterisasi dan de-Nazifikasi Ukraina.

Terlepas dari klaim Rusia tersebut, Ukraina ternyata menyimpan sederet "harta karun" berharga yang dapat membuat "silau" negara-negara di sekitarnya.



Berikut deretan kekayaan alam yang dimiliki Ukraina:

1. Gandum dan jagung
Ukraina dikenal dengan sebutan "Keranjang Roti Eropa" berkat karunia tanah subur yang membuatnya menjadi salah satu negara penghasil jagung dan gandum terbesar dunia.

Ukraina memproduksi jagung sebanyak 42 juta ton pada tahun 2021. Sementara produksi gandumnya pada tahun yang sama mencapai 33 juta ton.

2. Bahan tambang mineral
Ukraina adalah salah satu negara produsen mineral penting dunia. Memiliki hampir 8.000 deposit terpisah, sekitar 90 mineral berbeda terkandung di dalam tanah Ukraina.

Mengutip Ukraineinvest.gov.ua, negara ini berada di peringkat ke-7 dunia untuk ekstraksi bijih besi yakni sebanyak 39 juta ton (2,4% dari output global).

Ukraina juga menduduki peringkat ke-8 dalam produksi mangan (651.000 ton); peringkat ke-6 ekstraksi titanium (431.000 ton); nomor 2 untuk ekstraksi gallium (9 ton); ke-6 untuk ekstraksi kaolin (2,4 juta ton).

Selain mineral-mineal tersebut, Ukraina juga masih memiliki cadangan mineral logam dan non logam lainnya dalam jumlah yang cukup besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)