Saatnya Bergandengan Tangan untuk Kembangkan Desa Berorientasi Ekspor

Kamis, 03 Maret 2022 - 10:20 WIB
loading...
Saatnya Bergandengan Tangan untuk Kembangkan Desa Berorientasi Ekspor
LPEI berkolaborasi dengan Kemendes, dan Astra untuk kembangkan desa berorientasi ekspor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia ( LPEI )/Indonesia Eximbank terus membangun kolaborasi dalam pengembangan kapasitas komunitas (cluster), khususnya yang berorientasi ekspor . Hari ini, Kamis (3/3/2022) LPEI menegaskan kerja sama untuk meningkatkan ekonomi melalui program pemberdayaan dan pengembangan desa berorientasi ekspor di seluruh Indonesia, bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KemenDesa) dan PT Astra International Tbk.



“LPEI, Kemendes bersama dengan PT Astra akan melakukan kurasi bersama atas potensi desa karena saat ini sudah terdapat 930 desa yang dibina oleh Astra, dan kami akan mengembangkan hingga 3.000 desa,” ujar Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso pada penandatanganan MoU yang diselenggarakan di Kantor KemenDes, Jakarta Selatan.

Sebagai special mission vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI dalam meningkatkan ekspor nasional, LPEI memiliki program jasa konsultasi yang disebut dengan Desa Devisa. Program yang telah berlangsung sejak 2019 ini berfokus pada peningkatan kapasitas para pelaku usaha seperti petani, perajin, maupun koperasi melalui pendampingan, pelatihan dan pembiayaan untuk mendorong potensi unggulan suatu kawasan menjadi penghasil devisa.



Filosofi Desa Devisa tersebut nantinya akan diwujudkan LPEI bersama dengan KemenDes dan Astra dalam melahirkan Desa Ekspor. Nantinya desa yang lolos kurasi untuk menjadi peserta program Desa Ekspor akan mendapatkan program pendampingan mulai dari aspek manajemen, peningkatan kapasitas produksi, sertifikasi, akses pasar dan pembiayaan. Program yang akan dilakukan secara berkelanjutan ini juga akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik pusat maupun daerah.



Kemitraan strategis yang digagas oleh ketiga pihak diharapkan akan mampu mengembangkan potensi masyarakat desa di seluruh wilayah Indonesia, serta membantu mengatasi hambatan ekspor hingga nantinya dapat meningkatkan ekspor dan memperkuat stabilitas ekonomi nasional.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)