Terbang 17 Jam, Garuda Indonesia Evakuasi 80 WNI dari Ukraina

Jum'at, 04 Maret 2022 - 06:36 WIB
loading...
Terbang 17 Jam, Garuda Indonesia Evakuasi 80 WNI dari Ukraina
Sebanyak 80 WNI dan 3 WNA yang dievakuasi dari Ukraina tiba di Indonesia setelah terbang 17 jam menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan evakuasi bagi 80 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina dan 3 Warga Negara Asing (WNA) yang merupakan keluarga WNI dalam rombongan tersebut.

Penerbangan ini merupakan tindak lanjut dari upaya evakuasi WNI dari situasi konflik Ukraina yang diinisiasi Kementerian Luar Negeri RI.

Evakuasi dilakukan melalui penerbangan charter Garuda Indonesia yang dioperasikan dengan armada A330-200 dan diterbangkan dari Bucharest, Romania yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Ukraina menuju Jakarta, Indonesia.

Penerbangan tersebut diberangkatkan dari Bandara Henri Coanda Bucharest, Romania Rabu (2/3/2022) pukul 15.10 dan tiba di bandara internasional Soekarno Hatta pada Kamis (3/3/2022) pukul 17.00 WIB, setelah sebelumnya melakukan transit di Madinah. Mereka menempuh rute perjalanan udara dari Bucharest - Madinah - Jakarta selama kurang lebih 17 jam.



Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan, penerbangan evakuasi bagi WNI dari Ukraina memiliki arti tersendiri bagi perseroan untuk dapat mengambil bagian dalam misi kemanusiaan ini.

Menurut dia, peran Garuda Indonesia dalam proses evakuasi ini merupakan bagian dari komitmen dalam menjalankan mandat sebagai national flag carrier.

Hal ini salah satunya diwujudkan melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan yang siap setiap saat bagi masyarakat Indonesia yang akan kembali ke Tanah Air di tengah situasi konflik yang terjadi di Ukraina.

"Merupakan sebuah keniscayaan bagi Garuda Indonesia sebagai maskapai pembawa bendera bangsa untuk turut ambil bagian dalam peran aktif Negara dalam memberikan perlindungan bagi warganya, salah satunya melalui misi pemulangan WNI dari Ukraina,” ujarnya, dikutip Jumat (4/3/2022).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)