Butuh Modal untuk Bisnis Laundry? MotionBanking x Kredit Pintar Punya Solusinya, Ini Caranya!

Sabtu, 05 Maret 2022 - 16:17 WIB
loading...
Butuh Modal untuk Bisnis Laundry? MotionBanking x Kredit Pintar Punya Solusinya, Ini Caranya!
Tips sebelum memutuskan untuk memulai bisnis laundry. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Laundry adalah salah satu usaha yang menguntungkan dan bisa dijalankan dengan modal usaha yang relatif terjangkau. Jasa laundry cenderung disukai oleh masyarakat yang memiliki kewajiban yang cukup menyita waktu sehari-hari, seperti misalnya, mahasiswa dan karyawan.

Tertarik memulai bisnisnya? Yuk, simak berbagai hal yang diketahui sebelum memutuskan untuk memulai bisnis laundry.

Cara Memulai Usaha Laundry
Mendapatkan modal usaha, baik dengan cara mengumpulkannya dari pendapatan maupun dengan menggunakan dana pinjaman, adalah salah satu cara untuk memulai usaha laundry. Namun, selain hal tersebut, apa saja yang perlu dipersiapkan?

1. Hitung kebutuhan yang harus dipenuhi dari modal usaha
Agar pengelolaan modal usaha bisa berjalan dengan baik, pemilik usaha wajib memahami berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi saat pertama kali membuka bisnis laundry. Untuk mengembangkan usaha laundry, tentunya modal usaha yang dimiliki tidak bisa dihabiskan untuk pengadaan peralatan saja.

Jika ada karyawan yang membantu jalannya operasional laundry, perhitungkan juga besaran gaji yang hendak diberikan selama sebulan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai pengeluaran tak terduga untuk keperluan usaha, seperti jika sewaktu-waktu pihak pengurus kampung meminta sumbangan bagi pemilik usaha untuk keperluan kampung, jaminan keamanan, dan lain-lain.

2. Melakukan analisis usaha jasa laundry
Analisis usaha jasa laundry merupakan salah satu strategi yang baik untuk membuat bisnis laundry Anda bisa berjalan secara berkelanjutan. Untuk melakukan analisis, Anda bisa berdiskusi mengenai peluang bisnis, peralatan yang wajib dibeli untuk persiapan jalannya usaha laundry, biaya operasional, dan lain-lain kepada rekan yang lebih dulu memulai usaha laundry atau mengamati usaha laundry yang menjadi langganan Anda.

Baca Juga: Gratis! MotionBanking & XL Axiata Bagi-Bagi Kuota Internet 6 GB, Begini Caranya!

3. Merencanakan pemilihan lokasi yang tepat
Telah disampaikan dalam paragraf sebelumnya bahwa laundry adalah jasa yang kerap diminati mahasiswa dan karyawan. Dengan anggapan tersebut, bisa disimpulkan bahwa daerah kos maupun pemukiman mahasiswa atau karyawan bisa menjadi pilihan lokasi yang baik untuk menjalankan usaha laundry. Selain itu, pastikan juga bahwa lokasi laundry juga strategis agar mudah dijangkau dan semakin diminati oleh konsumen.

4. Mengawasi kompetitor
Karena jasa laundry bukanlah bidang usaha yang baru, wajar jika sudah banyak pesaing yang lebih dulu terjun ke usaha ini. Hal ini akan cukup menguntungkan Anda untuk menyusun strategi agar bisa menyaingi kompetitor yang ada. Amati layanan dan produk yang disediakan oleh kompetitor sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan pelanggan setia di laundry Anda.

5. Menetapkan daftar harga
Harga yang kompetitif adalah salah satu faktor pelanggan setia menggunakan jasa laundry. Untuk menetapkan daftar harga, hitung biaya operasional dan perlengkapan yang dikeluarkan untuk berbagai jasa yang tersedia, misal, cuci kering, cuci dan setrika, cuci dry cleaning, cuci kilat, dan lain-lain. Selain itu, bandingkan juga dengan berbagai kompetitor yang ada di sekitar lokasi usaha laundry.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1376 seconds (11.252#12.26)