Wapres Pastikan Ketersediaan Pangan hingga Lebaran Aman

Selasa, 08 Maret 2022 - 23:07 WIB
loading...
Wapres Pastikan Ketersediaan Pangan hingga Lebaran Aman
Wapres Ma’ruf Amin (tengah) didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo (kiri) berdialog dengan para kepala daerah dan penyuluh pertanian di berbagai wilayah di Indonesia dengan menggunakan layanan Agriculture War Room (AWR) di Jakarta, Selasa (8/3/2022)
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memastikan kebutuhan pangan jelang Ramadan dan Idul Fitri 2022. Kepastian itu diperoleh dari hasil validasi data pangan yang dilakukan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan).

“Dari laporan yang saya terima dan berbagai data yang disajikan bahwa semua kebutuhan bahan pokok seperti minyak goreng dan kedelai dalam kondisi aman sampai Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Wapres Ma`ruf usai menyapa petani dan penyuluh dari Agriculture War Room (AWR) di Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Wapres Ma`ruf mengatakan, kenaikan harga dan kelangkaan beberapa bahan pokok yang terjadi selama beberapa waktu terakhir harus menjadi tanggungjawab bersama, termasuk kementerian lain yang memiliki keterkaitan dengan urusan harga pangan.

(Baca juga:Potensi Krisis Pangan Dunia, Pemerintah Diminta Tambah Anggaran Pangan)

“Jadi, bukan hanya Kementan tetapi semua kementerian lain saya minta ada kolaborasi. Kemudian harus dilakukan intervensi ketika ada kenaikan harga. Mudah-mudahan Indonesia jauh lebih siap menghadapi masalah pangan yang menjadi masalah dunia,” katanya via zoom meeting yang diikuti secara virtual oleh jajaran SMKPPN Sembawa di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Wapres Ma`ruf meminta kolaborasi antar kementerian penting dilakukan agar harga kebutuhan pangan dapat dikendalikan secara baik. Walaupun, kata Wapres, kenaikan di bulan suci Ramadan tidak bisa dipungkiri karena selalu terjadi pada setiap tahun.

(Baca juga:Jamin Stok Pangan Cukup, Pembangunan Lumbung Pangan Baru Dikaji)

“Saya berharap pentingnya mengendalikan harga agar tidak terlalu naik tinggi, walaupun pada saat bulan ramadan selalu ada kenaikan. Karena itu harus disiapkan langkah-langkahnya,” katanya.

Dalam kesempatan ini Wapres Ma’ruf menyapa langsung dan berdialog dengan petani dan penyuluh yang berada di lapangan, antara lain petani milenial komoditas hortikultura, dan peternak sapi di Lamongan. Selanjutnya Wapres juga bertanya kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang untuk memastikan ketersediaan stok cabai.

Senada, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo juga memastikan, ketersediaan pangan dalam kondisi aman. Tidak ada kekurangan apalagi kelangkaan. Meski demikian, terdapat kenaikan harga pada beberapa komoditas tertentu karena tingginya harga di pasar internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2367 seconds (0.1#10.140)