Pedagang Pasar Ngeluh Susahnya Dapat Minyak Goreng Murah, Ternyata Ini Penyebabnya

Kamis, 10 Maret 2022 - 18:31 WIB
loading...
Pedagang Pasar Ngeluh Susahnya Dapat Minyak Goreng Murah, Ternyata Ini Penyebabnya
Minyak goreng murah masih sulit ditemui di pasar tradisional. Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Lebih dari sebulan pascapenerapan Harga Eceran Tertinggi (HET) baru minyak goreng , para pedagang pasar banyak yang mengaku kesulitan mendapatkan minyak goreng sesuai HET, terutama lewat sales distributor.

Padahal, sebelum ada ketetapan HET, sales distributor secara rutin mengirimkan minyak goreng kepada pedagang pasar tradisional.

Terkait hal itu, Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Mujiburrohman menyebut ada masalah dalam pendistribusian minyak goreng. Pasalnya, Sebelum ini pedagang pasar bisa dengan mudah mendapatkan minyak goreng dari supplier dan distributor.



“Saat ini, kita agak sulit mendapatkan dari supplier atau distributor yang biasanya memberikan dan atau mengirim ke pasar-pasar,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/3/2022).

Dia menyampaikan, dari 16.000 pasar tradisional, baru sekitar 10% yang terdistribusi minyak goreng murah atau sesuai HET. Berkaca dari hal itu, dia mengusulkan jalan tengah agar kelangkaan dan keterbatasan pasokan yang dialami pedagang pasar tradisional tidak terjadi lagi.



Adapun solusinya, kata dia, minyak goreng didistirbusikan kembali melalui distributor atau supplier yang selama ini biasa mendistribusikan kepada para pedagang pasar tradisional. Sehingga, para pedagang bisa mendapatkan minyak goreng sesuai HET yang ditetapkan pemerintah.



Sebagai informasi, HET baru minyak goreng yang berlaku mulai 1 Februari 2022 adalah Rp11.500/liter untuk minyak goreng curah, Rp13.500/liter untuk kemasan sederhana, dan Rp14.000/liter untuk kemasan premium.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)