Buwas Jamin Hadirkan Beras dengan Harga Murah dan Tidak Ada Kelangkaan

Jum'at, 11 Maret 2022 - 15:21 WIB
loading...
Buwas Jamin Hadirkan Beras dengan Harga Murah dan Tidak Ada Kelangkaan
Direktur Utama Bulog, Budi Waseso optimistis, tidak terjadi kelangkaan beras saat Ramadhan dan Idul Fitri 2022 mendatang. Bahkan, dia memastikan harga beras di pasar pun menjadi murah saat bulan Puasa. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Bulog, Budi Wasesooptimistis, tidakterjadi kelangkaan beras saat Ramadhan dan Idul Fitri 2022 mendatang. Bahkan, dia memastikan harga beras di pasar pun menjadi murah saat bulan Puasa. Pasalnya, produksi beras yang dilakukan Bulog dengan biaya murah, sehingga beras yang disuplai ke pasar pun dengan harga terjangkau.

"Bagaimana harganya? Karena kita membuat sendiri dengan cost yang rendah, maka harganya juga murah. Itu sebabnya saya berharap bahwa nanti negara memberikan pangan berkualitas secara nasional itu bisa terwujud secara nasional bisa terwujud," ungkap Budi Waseso atau yang biasa disapa Buwas itusaat ditemui di kawasan pergudangan Bulog, Jakarta, Jumat (11/3/2022).



Perum Bulog sendiri menargetkan serapan beras dari petani dalam negeri untuk panen awal hingga panen raya 2022 mencapai 1,2 juta ton. Serapan tersebut diperuntukkan bagi Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Buwas mencatat, stok CBP saat ini berada di kisaran lebih dari 800.000 ton. Sehingga, sepanjang 2022 ini dipastikan akan ada 2 juta ton beras yang terpenuhi.

"Khususnya permasalahan beras, tadi saya sampaikan kepada beliau (Wakil Presiden Ma'ruf Amin) karena stok kita sampai hari ini untuk Cadangan Beras Pemerintah ada 800.000 lebih ton. Dan kita akan menyerap dalam waktu dekat, target kita ada 1,2 juta ton produksi petani dalam negeri," ujar Buwas.



Tak hanya itu, Buwas juga menerangkandengan mesin Rice To Rice (RTR) yang memiliki kapasitas 6-7 ton perjam menjamin mutu dan kualitas beras yang disalurkan Bulog sangat baik.Bulog menggunakan, mesin RTR tersebut untuk meningkatkan kualitas beras serta untuk menjaga mutu beras sebelum didistribusikan ke masyarakat.

"Sehingga, Rice to Rice itu kita memproduksi beras dan dijamin beras premium. Karena alatnya itu setelannya, produksinya jadinya bagus," ungkapnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)