Sambut G20, Terminal VVIP Bandara Bali Dipoles Berstandar Internasional

Senin, 14 Maret 2022 - 08:07 WIB
loading...
Sambut G20, Terminal VVIP Bandara Bali Dipoles Berstandar Internasional
Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali. FOTO/Kontributor MPI/Chusna Mohammad
A A A
JAKARTA - Dalam rangka mendukung Presidensi G20, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong revitalisasi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

Peletakan baru pertama atau ground breaking Revitalisasi Bangunan VVIP Bandara Ngurah Rai telah dilakukan pada Minggu (13/3/2022) dan ditargetkan rampung pada Juli.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan adanya revitalisasi terminal yang berstandar internasional dan bertema tradisional ini dapat memberikan pelayanan yang baik dan memikat para delegasi G20.

“Gedung Terminal VVIP ini akan dibangun dengan mengutamakan konsep, estetika, keserasian dan kenyamanan serta memiliki standar internasional,” kata Menhub dalam keterangan resmi, Senin (14/3/2022).



Menhub pun memminta kepada Angkasa Pura I (AP I), Kementerian PUPR dan Wijaya Karya untuk melaksanakan pembangunan dengan baik dan tepat waktu. Menurut Budi, angka kunjungan penumpang internasional menuju ke Bali saat ini terus meningkat.

“Sekarang paling sedikit 500 orang, diharapkan nanti bisa mencapai 3.000 orang lebih per harinya. Kenaikan ini akan memberikan kebangkitan ekonomi dan pariwisata di Bali,” tuturnya.

Dia pun menekankan kepada pemerintah provinsi Bali untuk membantu menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mengurangi resiko penularan Covid-19.

Lebih lanjut Menhub membeberkan rancangan terminal VVIP yang mengusung tema arsitektur tradisional Bali yang dikenal dengan nama Wantilan yaitu bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat adat Bali.

“Selain itu juga ditambah dengan ukiran ornamen, lukisan, dan tanaman khas Bali, seperti: kain Songket Bali, tanaman Jepun Bali, Pucuk Rajuna, Jempiring, serta benda seni patung Garuda dan Singa Ambara Raja,” urainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)