Lewat TJSL, Jamkrindo Kembali Berdayakan Ekonomi Masyarakat

Senin, 14 Maret 2022 - 15:18 WIB
loading...
Lewat TJSL, Jamkrindo Kembali Berdayakan Ekonomi Masyarakat
Ilustrasi Jamkrindo. FOTO/dok.Jamkrindo
A A A
JAKARTA - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) kembali melaksanakan sejumlah kegiatan pemberdayaan ekonomi secara berkelanjutan dan pendampingan yang sudah berlangsung sejak 2021 bagi masyarakat Garut, Jawa Barat. Adapun kegiatan dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Jamkrindo menggandeng entitas komunitas lokal di bawah naungan Yayasan Kelompok Kerja Salarea (Salarea Foundation).

Direktur Utama Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan mengatakan, pemberdayaan masyarakat di Garut untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, merangsang penciptaan lapangan pekerjaan layak, dan pertumbuhan ekonomi, serta komitmen perusahaan dalam merespons masalah lingkungan dan penanggulangan bencana.

"Kami terus mendukung upaya dari kelompok masyarakat pada program pemberdayaan, penguatan ekonomi, dan pelestarian lingkungan," kata Putrama melalui pernyataannya, Senin (14/3/2022).


Program yang akan dijalankan tahun ini di Garut antara lain pendirian rumah semai, program teman barista bagi teman disabilitas, penanaman talas, penanaman pohon, pendanaan UMK. Jamkrindo melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah semai Jumat (11/3) lalu, dilanjutkan dengan penanaman talas intan pratama.

Jamkrindo juga melakukan kunjungan ke Rumah Sampah Salarea untuk melihat proses pengolahan sampah dan daur ulang sampah plastik. Bank sampah tersebut juga menjadi bagian dari pemberdayaan Komunitas Peduli Lingkungan (MPL) di bawah Salarea Foundation dengan fasilitasi dari Jamkrindo.

Tak berjenti disitu, Jamkrindo juga menyerahkan bantuan peralatan pengolahan kopi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dari para disabilitas dan pendampingan pelatihan barista bagi pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) A di Garut.



Keperpihakan Jamkrindo itu dibuktikan dengan pelatihan barista dan pendampingannya selama enam bulan bersama Pawon Kopi Salarea, yakni unit social entrepreneur dari Salarea Foundation.

"Teman-teman disabilitas juga memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mendapat fasilitas pengembangan diri dan talenta, juga dalam berusaha untuk kemandirian mereka kemudian hari.Maka itu, Jamkrindo sangat mendukung upaya-upaya pemberdayaan kaum berkebutuhan khusus ini," ucapnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)