Menparekraf Dorong TKI Jadi Duta Pariwisata Indonesia

Rabu, 16 Maret 2022 - 07:34 WIB
loading...
Menparekraf Dorong TKI Jadi Duta Pariwisata Indonesia
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengharapkan pekerja migran Indonesia (PMI/TKI) bisa menjadi duta pariwisata RI.

Hal itu disampaikan Menparekraf saat menghadiri rapat tingkat menteri terkait perlindungan PMI, yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajdir Effendy pada Selasa (15/3/2022).



Menurut Sandiaga, keberadaan pekerja migran sangat penting bagi negara. Mereka bisa menjadi agen strategis untuk bisa mengenalkan kekayaan dan keindahan Indonesia di luar negeri.

"PMI juga bisa jadi duta pariwisata, entah itu kuliner atau fashion. Kita harapkan ini bisa memberikan nilai tambah, selain menjadi endorser mereka juga bisa membawa pesan untuk citra baik Indonesia di negara lain,” ujarnya, dikutip Rabu (16/3/2022).



Tak kalah pentingnya, Sandiaga juga memandang bahwa para pekerja migran ini harus mendapatkan peningkatan kemampuan (upskilling) dari pemerintah.

Sehingga, tidak hanya diharapkan bisa menjadi duta pariwisata bagi Indonesia, namun juga untuk kepentingan pekerja migran itu sendiri. "Sehingga mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan lebih baik," tukas Sandiaga.



Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut pemerintah akan membekali kartu prakerja dan kredit usaha rakyat (KUR) kepada semua pekerja migran Indonesia (PMI). Rencana ini merupakan implementasi dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)