India Bersiap Tingkatkan Perdagangan Non-dolar dengan Rusia

Rabu, 16 Maret 2022 - 18:07 WIB
loading...
India Bersiap Tingkatkan Perdagangan Non-dolar dengan Rusia
India dan Rusia dikabarkan tengah menyiapkan perdagangan dengan menggunakan mata uang domestik untuk menghindari sanksi Barat. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Konsumen minyak terbesar ketiga dunia, India, tengah mempertimbangkan untuk membeli minyak mentah Rusia dan komoditas lainnya dengan harga diskon menggunakan mata uang domestik. Ini terjadi karena AS mendorong negara-negara untuk menghindari perdagangan dengan Rusia di tengah konflik di Ukraina.

"Rusia menawarkan minyak dan komoditas lainnya dengan diskon besar. Kami akan dengan senang hati menerimanya. Kami memiliki beberapa masalah seperti asuransi tanker dan campuran minyak yang harus diselesaikan. Setelah kami menerimanya, kami akan menerima tawaran diskon," kata seorang pejabat pemerintah India kepada Reuters, yang dilansir RT.com, Rabu (16/5/2022).



Transaksi akan dilakukan dalam mata uang nasional India, rupee, dan rubel Rusia untuk menghindari penggunaan dolar AS dan kebijakan sanksi terkait. Menurut para pejabat, pekerjaan untuk membentuk mekanisme perdagangan rupee-rubel sudah berlangsung.

Hingga saat ini, India belum berbicara menentang operasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina, yang telah banyak dikritik oleh sejumlah negara Barat dan telah menyebabkan paket sanksi yang diberlakukan terhadap Moskow.
Sementara minyak Rusia belum diberi sanksi, beberapa pedagang internasional menjauh karena takut menghadapi hukuman karena berurusan dengan negara itu. Hal ini telah memaksa Rusia untuk menerapkan rekor diskon untuk ekspor minyak mentahnya.



India mengimpor hampir 85% minyak yang dikonsumsinya, tetapi hanya sekitar 3% komoditas yang berasal dari Rusia. Laporan media yang mengutip sumber perdagangan pada hari Senin menyatakan bahwa penyulingan utama negara itu, Indian Oil Corp, baru saja membeli 3 juta barel minyak Ural Rusia dari pedagang Vitol dengan diskon USD20-25 per barel untuk pengiriman Mei.

Menurut sumber, IOC tidak menganggap pembelian itu sebagai masalah karena baik minyak itu sendiri, maupun Vitol tidak dikenai sanksi.

India juga dilaporkan mempertimbangkan untuk membeli bahan baku dari Rusia dan Belarusia untuk produksi pupuk di tengah melonjaknya harga komoditas.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)