Bank Indonesia Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di Level 3,5%

Kamis, 17 Maret 2022 - 14:56 WIB
loading...
Bank Indonesia Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di Level 3,5%
RDG Bank Indonesia pada 16-17 Maret 2022 memutuskan BI 7-Day Reverse Repo Rate tetap sebesar 3,5%. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan. Hal ini didasarkan Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang dilakukan pada 16-17 Maret 2022.

"Memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 3,5%, suku bunga Deposit Facility sebesar 2,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25%," ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Kamis (17/3/2022).

Perry menjelaskan, keputusan ini sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan terkendalinya inflasi serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di tengah tekanan eksternal yang meningkat, terutama terkait ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina.



BI juga terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut melalui sejumlah langkah.

"Pertama, memperkuat kebijakan nilai tukar rupiah untuk menjaga stabilitas nilai tukar yang sejalan dengan mekanisme pasar dan fundamental ekonomi," ujarnya.

Kedua, melanjutkan kebijakan transparansi suku bunga dasar kredit (SBDK) dengan pendalaman pada perkembangan komponen SBDK secara granular dan faktor yang mempengaruhinya.

Ketiga, memastikan kecukupan uang, distribusi uang dan layanan kas dalam menyambut ramadhan dan hari raya Idul Fitri 2022.



"Keempat, mendorong kesiapan penyedia jasa pembayaran dalam rangka implementasi SNAP guna dukung interlink antara perbankan dan fintech,"

Kelima, memperkuat kerjasama dengan bank sentral dan otoritas negara mitra lain dan bersama Kemenkeu mensukseskan 6 agenda keuangan Presidensi G20.

(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)