Pedagang Pasar Dukung Penghapusan HET Minyak Goreng Kemasan

Jum'at, 18 Maret 2022 - 13:56 WIB
loading...
Pedagang Pasar Dukung Penghapusan HET Minyak Goreng Kemasan
Salah seorang pedagang sembako, Mansyur, menata minyak goreng di kiosnya di pasar Tambun, Bekasi, Jumat (18/3/2022). Foto/MPI/Advenia Elisabeth
A A A
BEKASI - Keputusan pemerintah mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng kemasan dan melepasnya ke pasar sesuai harga keekonomian menuai pro kontra.

Menurut pedagang pasar, kebijakan tersebut lebih baik dibandingkan ada HET. Pasalnya, bagi pedagang hal terpenting adalah barang tersedia. Mereka mengaku, sebelumnya saat masih ada HET, minyak goreng susah didapat baik dari agen maupun distributor.

"Saya cuma pedagang. Kalau aturannya dicabut, silakan. Kalau pedagang tuh yang penting ada barangnya. Kalaupun mahal, kita ikutin aja (harga) pasar," ujar Mansyur, salah seorang pedagang sembako di Pasar Tambun, Bekasi saat ditemui MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (18/3/2022).



Meskipun nanti harga minyak goreng dari distributornya tinggi, Mansyur akan tetap berusaha menjualnya dengan selisih yang tidak terlalu tinggi karena mengikuti daya beli masyarakat kelas bawah.

"Walaupun distributornya ngasih harga tinggi, kita tetap ambil keuntungan tapi kita nyeimbangin ekonomi masyarakat juga," tuturnya.

Menurut Mansyur, saat ini minyak goreng kemasan sudah lancar pasokannya. Dengan kata lain, pihak sales distributor sudah rutin datang ke pasar untuk memasok minyak goreng. Hanya saja, barangnya tetap dibatasi.

"Kalau sekarang pasokannya lancar. Sales datengnya rutin, seminggu sekali mereka datang. Tapi ya gitu, barangnya masih dibatasin. Tiap pedagang cuma tiga karton," ungkapnya.



Pedagang lainnya, Udin, juga sepakat bahwa lebih baik tidak ada HET. Sehingga, para pedagang bisa menjual sesuai dengan harga pasar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2859 seconds (0.1#10.140)