Amerika Gelar Sayembara! Beri Rp71 Miliar untuk Info Keberadaan Aset-aset Oligarki Rusia

Minggu, 20 Maret 2022 - 12:20 WIB
loading...
Amerika Gelar Sayembara! Beri Rp71 Miliar untuk Info Keberadaan Aset-aset Oligarki Rusia
AS akan memberikan hadiah atas infomasi seputar keberadaan aset-aset oligarki Rusia. Foto/ Giuliano Berti/Bloomberg via Getty Images
A A A
JAKARTA - Upaya Amerika Serikat memberikan sanksi kepada Rusia memang tak tanggung-tanggung. Selain melarang sejumlah transaksi bisnis dan perdagangan dengan Rusia, Amerika juga memburu aset-aset kaum oligarki Rusia, seperti kapal pesiar dan rumah mewah.



Nah untuk memburu aset-aset orang kaya Rusia, Amerika menggelar "sayembara". Mereka yang bisa memberikan informasi soal keberadaan kapal pesiar atau rumah mewah kalangan oligarki Rusia akan diganjar USD5 juta atau Rp71 miliar (kurs Rp14.200). Ehmm edun!

Program ini awalnya disetujui oleh Kongres selama pemerintahan Trump dan oleh Departemen Keuangan AS disebut program hadiah pemulihan aset kleptokrasi.



Namun untuk mendaptkan hadiah sayembara itu, informasi yang diberikan harus mengarah pada penahanan, penyitaan, atau pemulangan aset curian dalam akun di lembaga keuangan AS (termasuk cabang lembaga keuangan asing di AS), yang berasal dari Amerika Serikat, atau yang berasal dari AS dalam kepemilikan atau kendali orang AS.

Dikutip dari Fox5.com, Minggu (20/3/2022), situs Departemen Keuangan menyatakan para pejabat mencari informasi tentang aset yang terkait dengan korupsi yang melibatkan pemerintah Federasi Rusia.



Setelah invasi Kremlin ke Ukraina, Rusia kini telah menjadi negara yang paling terkena sanksi di dunia, lantaran beberapa negara merebut kapal pesiar, vila, dan jet dari oligarki Rusia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)