Roman Abramovich Jadi Target AS, Rumah Mewah Rp714,4 Miliar Bakal Disita

Selasa, 22 Maret 2022 - 06:11 WIB
loading...
Roman Abramovich Jadi Target AS, Rumah Mewah Rp714,4 Miliar Bakal Disita
Aset miliarder asal Rusia, Roman Abramovich kini menjadi target pemerintah Amerika Serikat (AS) sebagai bagian dari sanksi atas invasi Rusia ke Ukraina. Foto/Dok
A A A
COLORADO - Aset miliarder asal Rusia, Roman Abramovich kini menjadi target pemerintah Amerika Serikat (AS) sebagai bagian dari sanksi atas invasi Rusia ke Ukraina . Sebuah rumah besar dan mewah di pegunungan milik oligarki Rusia Roman Abramovich kemungkinan akan menjadi salah satu aset pertama yang dibekukan oleh pemerintah AS.

Sebelumnya pembekuan aset harus mendapatkan persetujuan dari Gedung Putih sebagai tanggapan atas perang di Ukraina, menurut pengacara dan eksekutif real estat. Di antara deretan aset properti milik Abramovich, salah satunya adalah rumah megah nan modern seluas 14.000 kaki persegi di 200 hektar yang terletak di Snowmass, Colorado, tepat di luar Aspen.



Miliarder Rusia yang juga memiliki kapal pesiar, tim sepak bola Chelsea dan rumah raksasa di London, Prancis dan St. Bart's membuatnya menjadi sasaran empuk sanksi berat. Berdasarkan catatan resmi, Abramovich membeli rumah tersebut pada tahun 2008 silam dengan harga USD36,5 juta yang jika dirupiahkan mencapai Rp521,5 miliar (Kurs Rp14.289 per USD).

Pialang lokal mengatakan properti itu kemungkinan akan terjual lebih dari USD50 juta setara dengan Rp714,4 miliar mengingat harga yang melonjak, untuk menjadikannya rumah termahal kedua yang pernah dijual di daerah Aspen.

"Ini adalah properti yang luar biasa, dan sangat langka. "Banyak klien saya bertanya tentang hal itu," kata Riley Warwick, salah satu pendiri tim pialang yang berbasis di Aspen Saslove & Warwick di Douglas Elliman Real Estate.

Roman Abramovich Jadi Target AS, Rumah Mewah Rp714,4 Miliar Bakal Disita


Abramovich juga memiliki rumah bergaya chalet seluas 5.500 kaki persegi di Snowmass Village, yang dibelinya pada tahun 2008 seharga USD11,8 juta, menurut catatan properti lokal. Properti itu tepat di ujung jalan dari rumahnya yang lebih besar, kemungkinan berfungsi sebagai wisma, rumah pengasuh atau rumah ski, karena berada di sebelah lereng, kata broker lokal.

Para ahli menerangkan, properti menjadi target utama untuk pembekuan aset jika Abramovich dikenai sanksi. Tidak seperti kebanyakan real estat milik oligarki di AS, properti Snowmass dibeli atas nama Abramovich, menurut catatan properti lokal.

Hal itu membuat Pemerintah dapat lebih mudah dan cepat menyita aset yang berada di bawah kepemilikan resmi individu yang terkena sanksi, karena mereka tidak harus melalui prosedur hukum untuk menentukan kepemilikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)