MotoGP Mandalika Jadi Angin Segar Buat AP II, Jumlah Penumpang Meroket 155 Persen

Rabu, 23 Maret 2022 - 08:52 WIB
loading...
MotoGP Mandalika Jadi Angin Segar Buat AP II, Jumlah Penumpang Meroket 155 Persen
President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, ajang MotoGP Mandalika menjadi magnet sektor pariwisata nasional, terlihat dari peningkatan lalu lintas penerbangan yang signifikan menuju Lombok. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura II atau AP II menyatakan Perhelatan internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, pada 18 - 20 Maret 2022 telah berjalan dengan lancar sukses.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, ajang MotoGP Mandalika menjadi magnet sektor pariwisata nasional, terlihat dari peningkatan lalu lintas penerbangan yang signifikan menuju Lombok khususnya di sektor penerbangan meningkat hingga 155 Persen.

“Pada 17 - 20 Maret saat Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung, jumlah pergerakan p enumpang pesawat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Lombok dan sebaliknya mencapai hingga 25.017 orang atau meroket 155% dibandingkan pekan sebelumnya yakni tanggal 10 - 13 Maret yang sebanyak 9.790 orang,” kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: MotoGP Mandalika Ajang Promosi Produk Indonesia

Adapun jumlah pergerakan pesawat melonjak drastis dari sebelumnya 68 penerbangan menjadi 215 penerbangan. Pada periode yang sama yakni 17 - 20 Maret 2022, pergerakan pesawat di rute Jakarta - Bali - Jakarta tercatat 322 penerbangan.

“Lalu lintas penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia ke Bandara Lombok mengalami peningkatan signifikan pada 17 - 20 Maret 2022. Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan kelas utamanya MotoGP, menjadi magnet wisatawan dan turut menggairahkan sektor penerbangan,” urainya.

Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara jangkar di rute domestik, di mana bandara ini juga menjadi tempat transit bagi traveler untuk melanjutkan perjalanan ke kota lainnya termasuk Lombok.

Baca Juga: Mandalika sebagai Destinasi Wisata

“Bandara Soekarno-Hatta mampu mengakomodir tingginya permintaan penerbangan dari dan ke Bandara Lombok, dengan fokus utama adalah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai regulasi yang diperkuat dengan Biosafety Management dan Biosecurity Management,” jelas Muhammad Awaluddin.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi mengatakan, koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder agar penerbangan dapat berjalan lancar dan mendukung gelaran di Sirkuit Mandalika.

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki peran yang sentral. Bandara ini menjadi lokasi pertama bagi sebagian besar pembalap dan official tim tiba di Indonesia, kemudian bertolak ke Lombok. Lalu setelah event di Mandalika selesai, Bandara Soekarno-Hatta melepas penerbangan mereka ke luar negeri,” pungkas Haryadi.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2191 seconds (11.210#12.26)