PLTU Takalar di Jeneponto siap dibangun

Kamis, 28 Februari 2013 - 19:44 WIB
PLTU Takalar di Jeneponto siap dibangun
PLTU Takalar di Jeneponto siap dibangun
A A A
Sindonews.com - PT PLN (Persero) terus berupaya meningkatkan kapasitas pasokan listrik di Indonesia, terutama di kawasan timur Indonesia, dengan membangun pembangkit-pembangkit listrik baru. Untuk itu PLN akan membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Takalar 2x100 MW di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Kontrak pembangunan PLTU Takalar ditandatangani pada hari ini, Kamis (28/2/2013) di kantor PLN Pusat oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji dengan Deputy General Manager International Department II dari Consortium of China Gezhouba Group Co., Ltd dan PT Hutama Karya, Yu Shihua sebagai kontraktor pembangunan.

“Kami berharap setelah tandatangan ini, pembangunan PLTU dapat diselesaikan dengan cepat juga dengan tetap memperhatikan kualitasnya,” ujar Nur Pamudji dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (28/2/2013).

PLTU Takalar adalah pembangkit listrik tenaga uap berbahan bakar batu bara. Proyek ini merupakan PLTU pertama yang dibangun dari program percepatan (Fast Track Program/FTP) 10 ribu MW tahap II. PLTU Takalar juga tergolong istimewa karena akan menggunakan kandungan lokal sebanyak 48 persen.

Sesudah beroperasi, PLTU Takalar akan menghasilkan listrik sebesar 1.350 GWh per tahun. Tenaga listrik yang dihasilkan disalurkan melalui switchyard 150 kV dan jalur transmisi 150 kV sistem Sulawesi Selatan.

Proyek yang digarap oleh konsorsium perusahaan China dan Indonesia ini akan diselesaikan dalam waktu 30 bulan untuk unit 1 dan 33 bulan untuk unit 2. Konsorsium mendapatkan dana pembangunan dari Preferential Buyer’s Credit Pemerintah Republik Rakyat China dan anggaran PLN (APLN).
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3298 seconds (0.1#10.140)