MNC Bank (BABP) Ungkap 3 Cara Bijak Kelola Uang Saat Ramadhan

Jum'at, 25 Maret 2022 - 09:23 WIB
loading...
MNC Bank (BABP) Ungkap 3 Cara Bijak Kelola Uang Saat Ramadhan
Tak terasa pekan depan umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Untuk kali ini, MNC Bank akan memberikan tiga cara mengelola uang saat Ramadhan tiba. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tak terasa pekan depan umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan . Bulan yang selalu disambut dengan penuh suka cita karena Ramadhan adalah bulan istimewa bagi umat muslim.



Di bulan ini masyarakat muslim berlomba-lomba untuk memperbanyak amal ibadah. Selain beribadah, selama Ramadhan tanpa disadari pos-pos pengeluaran cenderung meningkat dibandingkan bulan lain, khususnya untuk buka puasa dan juga persiapan Lebaran.

Agar kondisi keuangan tetap aman di masa Ramadhan, tentu saja kita butuh strategi pengelolaan keuangan yang mumpuni. Ada banyak cara untuk mengelola keuangan. Untuk kali ini, MNC Bank akan memberikan tiga cara mengelola uang saat Ramadhan tiba.

1. Membuat Daftar Prioritas
Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan saat bulan Ramadhan adalah membuat daftar prioritas. Dengan daftar prioritas, Anda dapat menghindari belanja yang tidak terduga.

Tentukan anggaran pengeluaran seperti makan sahur, berbuka, cicilan dan listrik. Lalu jangan lupa sisihkan uang untuk bersedekah, dan juga tetap menabung.

2. Mengatur Waktu Belanja
Di bulan Ramadan harga kebutuhan pokok kerap kali meningkat. Untuk menyiasati kondisi ini dan menghemat pengeluaran, Anda bisa menyiapkan beberapa kebutuhan pokok sebelum Ramadhan tiba.

Anda bisa menghemat pengeluaran sebelum terjadinya peningkatan harga. Pastikan hanya membeli kebutuhan Ramadhan dan jangan tergiur untuk membeli keinginan yang membuat kantong terkuras.

3. Manfaatkan THR dengan Bijak
Buat skala prioritas pengunaan THR seperti membayar zakat, sedekah atau mudik. THR bisa dialokasikan dengan pola seperti 20% untuk gaya hidup, 50% tambahan kebutuhan, 10% sedekah dan 20% investasi.

Jangan sampai di akhir Ramadhan Anda tidak bisa merayakan keceriaan karena semua pendapatan yang Anda miliki dilarikan untuk menabung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)