Menparekraf Bidik 1,5 Juta Lapangan Kerja dari Investasi Baru di Destinasi Pariwisata

Jum'at, 25 Maret 2022 - 11:17 WIB
loading...
Menparekraf Bidik 1,5 Juta Lapangan Kerja dari Investasi Baru di Destinasi Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan investasi baru di sektor pariwisata khususnya di 5 destinasi super prioritas (DSP) dan 8 kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata dapat membuka lapangan kerja baru bagi 1-1,5 juta orang.

Sandiaga menuturkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf) juga telah menawarkan 12 proyek investasi pariwisata berkelanjutan yang pada 17 Maret 2022 lalu telah diluncurkan oleh Kementerian Investasi/BKPM.

"Kita memprediksi tahun ini akan dimulai investasi. Rencana investasi ada di lima destinasi super prioritas, delapan kawasan ekonomi khusus, serta 12 proyek investasi pariwisata berkelanjutan," urai Sandiaga dalam keterangan resmi, Jumat (25/3/2022).



Sandiaga mengatakan, investasi yang ditawarkan Kemenparekraf ke 18 investor asing tersebut adalah investasi pengembangan pariwisata berkelanjutan dan pariwisata berbasis komunitas sebagai upaya mengakselerasi kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja di Indonesia.

“Keinginan para investor asing untuk berinvestasi di sektor pariwisata sudah mulai meningkat. Hal ini menjadi sinyal positif dalam upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga diharapkan dapat membuka lapangan kerja dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” paparnya.



Sandiaga menjelaskan, Kemenparekraf saat ini tengah menawarkan nilai investasi dengan kisaran sebesar USD1-1,5 miliar.

"Kami menawarkan dari total 5% target kontribusi pariwisata, adalah 20% dalam bentuk investasi baru yang akan menciptakan 1-1,5 juta lapangan kerja baru," tutup Sandiaga.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)