Lepas Ketergantungan ke Rusia, AS Siap Pasok Gas 15 BCM ke Uni Eropa

Jum'at, 25 Maret 2022 - 16:42 WIB
loading...
Lepas Ketergantungan ke Rusia,  AS Siap Pasok Gas 15 BCM ke Uni Eropa
Uni Eropa berpaling ke Amerika Serikat (AS) dalam upaya untuk memperoleh pasokan gas alam cair dan mengurangi ketergantungan ke Rusia. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) akan mengupayakan untuk memasok 15 miliar meter kubik (bcm) gas alam cair (LNG) ke pasar Uni Eropa (UE) tahun ini. Menurut sebuah lembar fakta yang disediakan oleh Gedung Putih, kesepakatan itu dalam rangka menghentikan ketergantungan Eropa terhadap pasokan gas Rusia.



Mengutip Reuters, Presiden AS Joe Biden dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada hari ini, Jumat (25/3/2022), mengumumkan pembentukan gugus tugas untuk mengurangi ketergantungan Eropa pada bahan bakar fosil Rusia.

Lembar fakta yang disediakan oleh Gedung Putih itu juga menyebutkan bahwa Komisi Eropa juga akan bekerja dengan negara-negara UE untuk memastikan mereka dapat menerima sekitar 50 bcm LNG tambahan hingga setidaknya 2030. Tidak jelas apakah itu merujuk pada jumlah tambahan pada 22 bcm ekspor AS tahun lalu ke Uni Eropa.



Blok tersebut telah meningkatkan upaya untuk mengamankan lebih banyak LNG setelah pembicaraan dengan sejumlah negara pemasok, menghasilkan rekor pengiriman 10 bcm LNG di lebih dari 120 kapal pada Januari. Bulan itu, pengiriman AS naik menjadi 4,4 bcm, sekitar dua kali lipat jumlah normal untuk Januari.

Sekitar 10% dari kebutuhan gas UE dipenuhi oleh produksi dalam negeri. Sementara, Rusia memasok sekitar 41% dari kebutuhan blok lainnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)