Soal Mimpi Membangun Ekonomi Perdesaan, Luhut: Kita Kalah dengan China

Selasa, 29 Maret 2022 - 18:59 WIB
loading...
Soal Mimpi Membangun Ekonomi Perdesaan, Luhut: Kita Kalah dengan China
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pentingnya mendorong ekonomi perdesaan. FOTO/dok.Kemenko Marves
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pentingnya meningkatkan ekonomi perdesaan . Transformasi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dianggap mampu mendorong roda ekonomi di perdesaan.

"Penanganan ekonomi di desa menjadi signifikan apabila skala mikro sudah bagus. Maka secara nasional kita juga pasti akan lebih bagus," ujar dia melalui pernyataan resmi di Jakarta, Selasa (29/3/2022).



Menurut dia ada dua hal yang penting perlu dilakukan pemerintah desa, yakni pengembangan sumber daya manusia yang berada di desa dan juga adanya transformasi ekonomi desa. Meskipun untuk riset masih kalah dengan China dan Malaysia.

"Untuk riset kita akui kita masih kalah dengan Malaysia atau Tiongkok, tetapi bukan berarti kita tidak bisa kejar, justru kita kejar dengan berbagai bukti inovasi produk buatan dalam negeri karya anak-anak kita," ungkapnya.

Untuk itu kepala desa harus mencari orang-orang yang bisa disekolahkan agar nantinya mampu menaikkan daya ekonomi dari desa tersebut.



"Untuk teman-teman di desa, bantu desa kalian dengan mengembangkan sumber daya manusia, agar terjadi inovasi dan juga industri di desa kalian. Sekolahkan mereka, karena itu akan mampu menaikkan kesejahteraan dan perekonomian desa," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)