3 Negara yang Ketergantungan Minyak Rusia, Nomor 3 Ancang-ancang Bangun Kilang

Selasa, 29 Maret 2022 - 21:05 WIB
loading...
3 Negara yang Ketergantungan Minyak Rusia, Nomor 3 Ancang-ancang Bangun Kilang
Sejumlah negara-negara Barat telah melakukan aksinya untuk memboikot minyak Rusia. Foto/pexels/pixabay
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara-negara Barat telah melakukan aksinya untuk memboikot minyak Rusia menyusul invansi yang dilakukan Moskow terhadap Ukraina sejak Februari.

Padahal di sisi lain negara-negara tersebut selama ini sangat tergantung pada pasokan minyak dari Rusia untuk memenuhi kebutuhan domestiknya.

Untuk diketahui, Rusia merupakan negara pengekspor minyak mentah tertinggi kedua di dunia setelah Arab Saudi. Bahkan, minyak dari Negeri Beruang Merah berkontribusi 7% dari total minyak global.



Sekurangnya terdapat 48 negara yang bergantung terhadap minyak Rusia, di antaranya adalah Amerika, Inggris dan Lithunia. Berikut uraiannya:

1. Amerika Serikat (AS)

Belum lama ini Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan negerinya resmi melarang impor minyak Rusia. Diketahui dari asosiasi perdagangan Produsen Bahan Bakar dan Petrokimia Amerika, pada 2021 AS mengimpor rata-rata 209.000 barel per hari minyak mentah dan 500.000 barel per hari produk minyak lainnya dari Rusia.

Sebagai solusinya, pemerintah Negeri Paman Sam telah bernegosiasi dengan sejumlah negara sebagai alternatif impor minyak baru, di antaranya Arab Saudi, Venezuela, dan Iran.



2. Inggris
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)