Wamen Angela: Indonesia Terbukti Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19

Rabu, 30 Maret 2022 - 16:31 WIB
loading...
Wamen Angela: Indonesia Terbukti Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menilai Indonesia terbukti tangguh menghadapi pandemi Covid-19. Hal itu terbukti dari sektor ekonomi yang mengalami kontraksi relatif rendah selama masa pandemi.

Pernyataan tersebut diungkapkan Angela dalam diskusi publik bertema "Refleksi dan Pengembangan Kerja Sama Ekonomi Kreatif" yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (30/3/2022). Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.



Dalam diskusi itu, Angela memaparkan bahwa pada tahun 2020, ketika mayoritas sektor perekonomian terkontraksi tajam, sektor ekonomi kreatif hanya terkontraksi 2,39%.

"Kontraksi yang tergolong rendah tersebut ditopang dengan peningkatan subsektor yang produk dan jasanya bisa dinikmati oleh masyarakat di rumah masing-masing. Seperti subsektor Games dan Aplikasi menyumbang pertumbuhan sebesar 4,47%, dan TV & Radio menyumbang pertumbuhan terbesar yaitu 10,42%," katanya.

Diskusi publik ini diadakan dalam rangka untuk mengetahui perkembangan ekonomi kreatif nasional dan memperoleh pandangan berbagai pemangku kepentingan dalam negeri dan organisasi internasional terhadap upaya pengembangan kerja sama ekonomi kreatif global pasca 2021.

Karena itu, tegas Angela, Kementerian Periwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkomitmen mendorong adaptasi pelaku UMKM ekonomi kreatif masuk ke dalam ekosistem digital melalui gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Kemenparekraf mendukung onboarding pelaku ekonomi kreatif masuk ke platform digital, melakukan pelatihan pemasaran digital, dan kerja sama dengan berbagai e-commerce dalam penyediaan halaman khusus belanja produk lokal," tegasnya.

Selain itu, menurutnya, pada tahun 2021, melalui program PEN, Stimulus Bangga Buatan Indonesia berhasil mendorong peningkatan transaksi penjualan produk ekonomi kreatif secara nasional, khususnya pada subsektor fashion, kriya, dan kuliner, melalui penyediaan voucher diskon pada berbagai platform digital.

Di ranah internasional, Indonesia juga telah membuktikan diri sebagai pemain utama dalam usaha pengarusutamaan ekonomi kreatif. Di tahun 2018, Indonesia berhasil menginisiasi Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia pertama dan berhasil mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan kreatif; dari akademisi, pelaku bisnis, pelaku kreatif hingga perwakilan pemerintah dan organisasi internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)