Bicara di HIPMI Digital Fest 2022, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Dorong UMKM Go Digital

Kamis, 31 Maret 2022 - 17:13 WIB
loading...
Bicara di HIPMI Digital Fest 2022, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Dorong UMKM Go Digital
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mendorong, pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) agar mengambil bagian penting dalam ekonomi digital yang potensial mendongkrak kinerja pertumbuhan ekonomi nasional. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mendorong, pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) agar mengambil bagian penting dalam ekonomi digital yang potensial mendongkrak kinerja pertumbuhan ekonomi nasional.

Wamenparekraf Angela di acara HIPMI Digital Fest 2022 dengan tema "Digital Industry From Survival to Revival" yang diadakan secara hybrid, Rabu (30/3/2022), mengatakan, pemahaman mengenai ekonomi digital dan peluangnya perlu disebarluaskan agar para pelaku usaha lokal bisa mengambil bagian dari pertumbuhan ekonomi digital ini.

Baca Juga: Ekonomi Digital Sumbang Rp999,4 Triliun di 2021, Luhut: Tantangan Jadi Mudah Dilalui

Angela mengungkapkan, kegiatan HIPMI Digital Fest 2022 yang diadakan oleh HIPMI Digital Academy tersebut dinilai relevan dan tepat waktu, mengingat saat ini digitalisasi berperan penting dalam meningkatkan ketahanan pelaku usaha, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) , dan generasi muda di masa pandemi.

Di era digital saat ini, kata Angela, pelaku usaha perlu mengakrabi permodalan jenis baru seperti fintech, hypertargeting atau marketing yang customized, dan penggunaan analisis big data yang bisa memberikan insight, dan prediksi market yang lebih produktif dan efisien. Selain itu, penggunaan internet of things (IoT) untuk mengumpulkan data, cloud dan blockchain technology, NFTs, serta metaverse, dan lain sebagainya.

"Teknologi akan terus berkembang, dan dengan semakin berkembangnya teknologi akan semakin murah untuk diakses dan dimanfaatkan. Dan teknologi tidak akan menjadi berharga kalau manusianya tidak bisa memanfaatkannya dengan maksimal," jelas Wamenparekraf yang juga Ketua DPP Partai Perindo Bidang Ekonomi Digital & Kreatif ini.

"Oleh karenanya, memasuki era industri 5.0 dimana fokus utama adalah human-centered society berbasis teknologi, kita perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas kita dan melahirkan inovasi baru untuk memecahkan isu-isu sosial untuk kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.

Kemenparekraf terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan SDM dengan program upskilling, reskilling, dan entrepreneurship di sektor parekraf. Selain itu di bawah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, program onboarding dan pendampingan usaha ke platform digital, secara konsisten dilakukan, agar membantu para pelaku usaha beradaptasi dengan teknologi dan menjadi siap berkompetisi di era digital.

Baca Juga: Pesan Hary Tanoesoedibjo untuk Pebisnis Muda: Berpikir Matang dan Tangkap Peluang

Selain itu, Kemenparekraf juga mendukung para pelaku usaha dalam pelatihan manajemen bisnis khususnya dalam manajemen finansial, akses permodalan, serta perlindungan HKI sebagai kendala utama bagi pelaku UMKM.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1760 seconds (11.210#12.26)