6 Daerah Penghasil Gas Bumi Terbesar di Indonesia, Nomor 4 Diincar China

Sabtu, 02 April 2022 - 09:00 WIB
loading...
6 Daerah Penghasil Gas Bumi Terbesar di Indonesia, Nomor 4 Diincar China
Indonesia salah satu negara dengan penghasil gas bumi terbesar di dunia. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Indonesia salah satu negara dengan cadangan gas bumi yang melimpah. Berdasarkan laporan Worldometers, Indonesia berada di urutan ke-13 sebagai negara dengan cadangan gas terbesar dunia dengan jumlah mencapai 103.350.000 juta kubik per hari.

Secara persentase, Indonesia menyimpan 1,5% gas bumi dari cadangan seluruh dunia dengan urutan pertama ditempati Rusia. Sementara di Asia Pasifik, Indonesia menjadi salah satu negara dengan cadangan terbesar sehingga tidak heran apabila produksi terus ditingkatkan baik onshore maupun offshore.



Eksplorasi gas bumi dilakukan lantaran memberikan banyak manfaat. Hasil dari pengolahan sumber energi tersebut digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik seperti PLTU dan PLTG. Selain itu dipakai sebagai bahan bakar industri hingga kendaraan.

Gas bumi juga dipakai sebagai bahan baku beragam industri seperti pupuk, plastik, cat, dan berbagai industri seperti obat-obatan dan makanan. Tak hanya itu, gas bumi juga digadang-gadang menjadi sumber energi transisi menuju net zero carbon 2050 mendatang. Lantas, mana saja daerah pernghasil gas bumi terbesar di Indonesia?

1. Kalimantan Timur
Kalimantan Timur menjadi daerah penghasil gas bumi terbesar di Indonesia. Bahkan, di Bontang terdapat kilang LNG paling besar sedunia yang dikelola oleh Pertamina dan Blok Mahakam sebagai pusatnya. Selain Bontang ada juga Tarakan, Balikpapan dan Sanga-sanga.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan
Kalimantan Timur sebagai provinsi penghasil gas bumi terbesar dengan jumlah produksi mencapai 23% dari total keseluruhan produksi nasional.

2. Sumatera Selatan
Sumatera Selatan merupakan wilayah penghasil gas bumi terbesar kedua di Indonesia. Adapun pusat produksi terbesar ada di Banyuasin.

Selain itu, Muara Enim, Sungai Gerong, serta Plaju. Pemerintah membangun jaringan gas bumi untuk menyalurkan bahan bakar kepada masyarakat sekitar. Dengan begitu, masyarakat memperoleh manfaat secara langsung untuk mencukupi kebutuhan gas sehari-hari.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3510 seconds (0.1#10.140)