Peringkat Daya Saing Singapura Paling Kompetitif, Indonesia Urutan 40

Kamis, 18 Juni 2020 - 07:09 WIB
loading...
Peringkat Daya Saing Singapura Paling Kompetitif, Indonesia Urutan 40
Pelabuhan petikemas Tanjungpriok, Jakarta Utara. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Peringkat daya saing Indonesia kembali mengalami penurunan. Data terbaru yang dirilis IMD World Competitiveness Year Book 2020, Indonesia berada di peringkat 40, anjlok delapan peringkat dibanding tahun sebelumnya di posisi 32.

Turunnya daya saing versi IMD ditengarai akibat masih lemahnya fokus sasaran pembangunan yang dikembangkan pemerintah. Untuk itu, perlu dilakukan re-focusing arah pembangunan infrastruktur yang selama ini digencarkan pemerintah.

Menurut IMD, dari hasil survei yang dirilis Selasa (16/6/2020), Indonesia memiliki beberapa tantangan di antaranya pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan melambat pada semester I tahun ini. Faktor lainnya, ada kenaikan angka pengangguran serta bertambahnya tingkat kemiskinan akibat ekonomi yang terganggu karena imbas Covid-19.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, perlu evaluasi menyeluruh mengapa daya saing Indonesia justru melorot padahal di sisi lain pembangunan infrastruktur cukup masif. “Apakah infrastruktur belum tepat sasaran? Misalnya, untuk mendorong produktivitas sektor industri manufaktur. Jadi perlu refocusing pembangunan infrastruktur ini," katanya kepada SINDO Media di Jakarta kemarin.

Bima menambahkan, untuk mendukung peningkatan daya saing, perlu ada perbaikan kualitas infrastruktur yang peringkatnya juga menurun. (Baca: Bos Instagram Bakal Tinjau Ulang Kebijakan Lawan Rasisme)

Pada Oktober tahun lalu Forum Ekonomi Dunia (World Economy Forum/WEF) juga merilis peringkat daya saing Indonesia yang berada di urutan ke-50, turun dibanding 2018 di peringkat 45. Penurunan tersebut disebabkan salah satunya akibat masih terbatasnya kualitas inovasi di Tanah Air.

Sementara itu, anggota Komisi XI DPR Puteri Anetta Komarudin sebelumnya mengatakan, untuk mendorong peningkatan daya saing, perlu bauran kebijakan antara fiskal dan moneter di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Daya Tarik Investasi

Dalam daftar indeks Daya Saing Global versi Institute for Management Development (IMD), Singapura berada di urutan teratas, mengalahkan negara-negara ekonomi maju lain seperti AS dan Eropa.

Menurut IMD, Singapura menjadi negara yang mendekati nilai sempurna dalam kajiannya. Negara yang menjadi salah satu tujuan investasi global itu berhasil mengalahkan negara-negara Eropa dan AS yang merupakan episentrum ekonomi global. Kekuatan utama Singapura terletak pada daya tarik investasi dan perdagangan internasional, pasar buruh, dan ketenagakerjaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)