Tambah Stok 15%, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman Selama Ramadhan

Minggu, 03 April 2022 - 17:40 WIB
loading...
Tambah Stok 15%, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman Selama Ramadhan
Pertamina sudah menambah stok BBM selama Ramadhan. Foto/EkoPurwanto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian ESDM dan Pertamina memastikan ketersediaan BBM selama Ramadhan dalam kondisi aman. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, seluruh BBM pasokannya terus dijaga terutama solar agar cukup untuk 20 hari lebih.



"Pemerintah menjamin tersedianya BBM dan melakukan koordinasi dengan badan usaha dalam hal ini Pertamina. Pertamina telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan dalam rangka terjaminnya ketersediaan BBM serta mengantisipasi peningkatan kebutuhan khususnya di bulan Ramadhan ini," ungkap Agung dalam keterangannya, Minggu (3/4/2022).

Pertamina sendiri telah melakukan sejumlah pengecekan langsung di berbagai SPBU serta sarana dan fasilitas terminal BBM yang tersebar di Indonesia, antara lain di wilayah Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Lampung dan Bengkulu, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati turun langsung untuk menyidak SPBU di Jambi. Nicke berharap BBM subsidi yang tersedia dapat tepat sasaran.



"kita bersama-sama memantau pendistribusian BBM agar bisa sampai dan terealisasikan dengan baik," ujar Nicke.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Pertamina Emma Sri Martini mengatakan, Pertamina Patra Niaga telah melakukan penambahan pasokan BBM dan LPG ke lembaga penyalur jelang Ramadhan dan menyiapkan build up stok sebesar 15% untuk BBM dan 10% untuk LPG serta penambahan layanan tambahan jelang Idul Fitri dengan membentuk tim satgas khusus sejak Maret 2022.

Selain itu, untuk memastikan ketersediaan bahan bakar solar JBT (jenis bahan bakar tertentu) atau subsidi, Emma mengatakan Pertamina Patra Niaga telah melakukan tambahan pasokan di seluruh wilayah secara bertahap.

“Sejak dua minggu terakhir sebetulnya kondisi pemulihan. Di beberapa daerah sudah mulai berkurang antrean solar, terutama di Makassar sebagai hub Sulawesi sudah tidak ada,” ungkapnya.



Pertamina juga telah membentuk satgas RAFi (Ramadhan & Idul Fitri) dan menyiapkan berbagai layanan tambahan berupa SPBU Siaga, mobil tangki siaga, motorist, SPBU Kantong dan rest area yang dilengkapi fasilitas kesehatan bagi para pemudik di beberapa titik jalur mudik.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)