Mobil Listrik Masih Mahal, Pangamat: Perlu Kebijakan Khusus Agar Harga Lebih Terjangkau

Senin, 04 April 2022 - 08:39 WIB
loading...
Mobil Listrik Masih Mahal, Pangamat: Perlu Kebijakan Khusus Agar Harga Lebih Terjangkau
Presiden Joko Widodo (kiri) mengamati mobil listrik Ioniq 5 di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). ANTARA FOTO/Biro Pers, Media dan Informasi Setpres/Kris/Handout/wsj
A A A
JAKARTA - Pemerintah berupaya mencapai target penurunan emisi karbon, salah satunya melalui penggunaan mobil listrik. Sayangnya, harga mobil listrik di Indonesia masih mahal, yaitu dibanderol mulai Rp480 juta-an hingga miliaran.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menegaskan perlunya kebijakan fiskal agar mobil listrik bisa lebih terjangkau oleh masyarakat.

"Selain itu, jika memungkinkan pemerintah bisa memberikan stimulus bagi masyarakat yang akan membeli mobil listrik sehingga semakin menarik untuk menggunakan mobil listrik," kata Mamit kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Senin (4/4/2022).



Selain itu, desain mobil listrik juga kebanyakan belum diminati oleh masyarakat Indonesia yang lebih menyukai MPV dan dapat memuat penumpang dengan jumlah yang banyak. Oleh karenanya, hal ini dapat menjadi perhatian pemerintah dan industri otomotif.

Mamit membeberkan, dengan menggencarkan penggunaan mobil listrik, Indonesia bisa mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan.

Jika tidak ada upaya untuk mengurangi populasi mobil konvensional, sektor transportasi akan menyumbang sebesar 0,28 miliar tCO2e/tahun dan 0,86 miliar tCO2e/tahun pada 2060.

"Pemakaian 1 liter BBM dengan jarak tempuh 10 km akan menghasilkan 2,6 kg CO2, sedangkan untuk 1 kWh mobil listrik dengan jarak tempuh 10 km menghasilkan 1,27 kg CO2," bebernya.



Selain emisi CO2 yang dihasilkan lebih sedikit, imbuh Mamit, biaya yang dikeluarkan dalam menggunakan mobil listrik juga terjangkau. Untuk 1kWh daya mobil listrik dihargai sebesar Rp1.500, setara dengan 1 liter BBM seharga Rp12.500.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2297 seconds (0.1#10.140)