Jalur KA Bogor-Sukabumi Mulai Beroperasi, Kemenhub: Single Track Terlebih Dahulu

Minggu, 10 April 2022 - 17:24 WIB
loading...
Jalur KA Bogor-Sukabumi Mulai Beroperasi, Kemenhub: Single Track Terlebih Dahulu
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meninjau peluncuran kembali operasional kereta api (KA) Pangrango dengan rute Bogor- Sukabumi pada hari ini Minggu (10/4/2022). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) meninjau peluncuran kembali operasional kereta api (KA) Pangrango dengan rute Bogor-Sukabumi pada hari ini Minggu (10/4/2022).

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri menyebut bahwa meski keseluruhan pengerjaan jalur ganda Bogor-Sukabumi Tahap 1 ruas Bogor Paledang - Cicurug sudah rampung, namun pengoperasiannya akan dilakukan secara bertahap.

"Per hari ini baru akan dioperasikan satu jalur (single track) terlebih dahulu, baru kemudian menyusul akan dioperasikan secara ganda (double track)," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dalam Peresmiannya, Minggu (10/4/2022).



Zulfikri juga menyampaikan, apresiasi sebesar-besarnya kepada jajaran Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat atas pengerjaan jalur ganda Bogor-Sukabumi.

“Terima kasih kepada tim di lapangan yang tidak lelah dan terus berupaya memberikan kontribusi terbaiknya dalam menyelesaikan pembangunan ini meski tantangan demi tantangan terus menghadang,” ungkapnya.

Ke depan, Zulfikri berharap ini sejalan dengan kondisi Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor yang menjadi tujuan pariwisata sekaligus menopang perekonomian melalui transportasi.

“Oleh sebab itu, kami berharap pembangunan jalur ganda kereta Bogor-Sukabumi diharapkan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat dengan adanya peningkatan kapasitas lintas” tutup Zulfikri.



Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Risal Wasal dalam sambutannya menyebut jumlah angka penumpang pada keberangkatan pertama KA Pangrango pagi ini dari Stasiun Paledang sebanyak 140 penumpang.

Sebagai informasi, pengerjaan jalur ganda Bogor-Sukabumi dilakukan sebagai pelaksanaan dari amanah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) Double Track Jawa Selatan.

Dalam pengerjaannya, proyek ini dibagi dalam 6 tahap yang dimulai pada tahun 2018 dan direncanakan selesai seluruhnya pada tahun 2023.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)