GoTo Jadi Decacorn Pertama yang Melantai di Bursa Asia, BEI: Milestone Penting

Senin, 11 April 2022 - 10:47 WIB
loading...
GoTo Jadi Decacorn Pertama yang Melantai di Bursa Asia, BEI: Milestone Penting
GoTo menjadi perusahaan decacorn pertama yang melantai di bursa Asia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perusahaan teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi melantai di bursa melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (11/04/2022). Dengan pencatatan ini, GoTo menjadi perusahaan decacorn pertama yang melantai di bursa Asia.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, GoTo juga menjadi perusahaan ke-15 yang tercatat di BEI pada tahun ini, dan ke-781 di bursa pada saat ini. Adapun IPO GOTO menjadi perusahaan yang dinantikan para investor.

"Pencatatan saham GoTo sangat dinantikan di pasar saham Indonesia, menjadi milestone penting, baik bagi perusahaan, perjalanan industri pasar modal,” ujarnya dalam Opening Perdagangan Saham GOTO di BEI, Senin (9/4/2022).



“Melalui proses go public, GoTo menjadi perusahaan karya anak bangsa dengan ekosistem digital terbesar di Indonesia dan mampu menghimpun proceed Rp13,7 triliun dan market capitalization Rp400 triliun," imbuh Nyoman.

Menurut dia, hal tersebut menjadikan GoTo sebagai perusahaan teknologi dengan tingkat valuasi decacorn dan merupakan decacorn pertama yang berhasil tercatat di bursa Asia. Di dalam negeri, GoTo juga menjadi perusahaan rintisan digital pertama yang tercatat di papan utama BEI.

Dengan dukungan OJK dan pemerintah, GoTo juga menjadi perusahaan rintisan pertama yang menerapkan struktur permodalan dengan hak suara multiple voting share sehingga kebijakan strategis perusahaan diharapkan bisa sesuai dengan visi dan misi dengan para pendirinya.



Untuk itu, BEI berharap manajemen GoTo bisa segera merealisasikan dana yang dihimpun dari IPO sambil menjaga transparansi dan akuntabilitas setelah menjadi perusahaan publik.

"Bursa berharap GoTo segera merealisasikan strategi, senantiasa berinovasi dan menjaga transparansi dan akuntabilitas kepada publik," tuturnya.

Lebih lanjut, Nyoman berharap pencatatan saham GOTO juga nantinya bisa diikuti oleh perusahaan rintisan lainnya untuk IPO di BEI supaya bisa menggairahkan pasar modal Indonesia dan mendukung perekonomian nasional.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)