Sambut Mudik Lebaran 2022, Jalan Tol Cikampek Diperlebar

Senin, 11 April 2022 - 12:10 WIB
loading...
Sambut Mudik Lebaran 2022, Jalan Tol Cikampek Diperlebar
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Basuki Hadimuljono memantau, pekerjaan pelebaran jalan tol Jakarta - Cikampek jalur B jelang mudik Lebaran 2022. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Basuki Hadimuljono menegaskan, bahwa pekerjaan pelebaran jalan tol Jakarta - Cikampek jalur B (KM 67 - KM 50) harus rampung h-10 lebaran. Karena ruas jalan tersebut akan digunakan fungsional terbatas pada arus balik Lebaran 2022 khususnya kendaraan kecil.

"Jadwal pekerjaan hingga H-10 Lebaran 2022 tinggal 12 hari lagi, harus dikejar progresnya agar bisa fungsional saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 nanti," kata Menteri Basuki pada keterangan tertulisnya.



Berdasarkan data, total pelebaran jalan yang dilakukan sepanjang 11,73 km, dengan progres hingga awal April 2022 sebesar 15,9%. Ditargetkan hingga H-10 Lebaran 2022 pekerjaan pelebaran jalan tersebut sudah mencapai 9 km dan dapat dibuka fungsional saat arus mudik dan arus balik, untuk kemudian dilanjutkan pekerjaan setelahnya.

Di samping itu Menteri Basuki juga meminta untuk memperbaiki rest area yang ada untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pada pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi mereka.

Sebagai antisipasi banyaknya pemudik, juga diminta untuk disiapkan tambahan minimal 50 toilet sementara. "Dibuat sebanyak mungkin di tempat yang tidak membuat macet dan dibuat serapih mungkin," sambungnya.



Selain itu Menteri Basuki juga meninjau perbaikan Jalan Tol Pejagan Pemalang tepatnya di KM 253. "Perbaikan jalan tol seperti ini harus memperhatikan kualitas perbaikan termasuk dalam proses pengaspalan," ujarnya.

Tidak lupa pula dipesankan bahwa setiap pembangunan maupun pengerjaan renovasi terhadap infrastruktur harus mengutamakan aspek lingkungan. Misalnya dalam hal ini Menteri Basuki meminta agar sisi pinggir bahu jalan ditanami dengan pohon.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)