Pacu Literasi Investasi, MNC AM & MNC Sekuritas Gandeng BEI Kepri Gelar Webinar Sekolah Reksa Dana

Senin, 11 April 2022 - 16:21 WIB
loading...
Pacu Literasi Investasi, MNC AM & MNC Sekuritas Gandeng BEI Kepri Gelar Webinar Sekolah Reksa Dana
MNC Kapital terus memberikan edukasi pasar modal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Konsisten dalam mendukung literasi pasar modal , PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melalui dua anak usahanya yaitu, MNC Asset Management dan MNC Sekuritas bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Kepulauan Riau, menggelar webinar sekolah pasar modal reksa dana yang bertajuk “Reksa Dana : Investasi yang Mudah dan Menguntungkan” pada Sabtu, 9 April 2022.



Dalam webinar yang dihadiri oleh peserta dari berbagai macam jenis latar belakang pekerjaan tersebut, dipaparkan materi pemahaman pasar modal serta seluk beluk investasi reksa dana. Reksa dana sangat cocok untuk investor pemula, karena selain nominal investasinya terjangkau, diversifikasi risiko dari yang paling rendah sampai tinggi juga tersedia.

Direktur MNC Asset Management Edwin J. Sebayang yang juga menjadi narasumber dalam webinar ini mengatakan, “Investasi adalah salah satu upaya agar lebih siap untuk menghadapi masa pensiun. Penyelenggaraan webinar ini sekaligus juga untuk mendukung peningkatan literasi masyarakat tentang pasar modal khususnya reksa dana.”

Menurut Edwin, sebelum berinvestasi di reksa dana, investor harus terlebih dahulu mengenali tujuan investasi, paham risiko investasi reksa dana, dan belajar instrumen dari reksa dana. Oleh karena itu dengan adanya webinar ini diharapkan dapat menambah wawasan baru tentang reksa dana di masyarakat.



Sementara itu, PH. Kepala Kantor Perwakilan Kepri Bursa Efek Indonesia Indra Novita juga menyampaikan bahwa tingkat literasi pasar modal dimulai dari sikap bijaksana dalam pengelolaan keuangan pribadi. Jika semua masyarakat sudah mulai bijaksana dalam mengelola keuangan, maka tingkat kesadaran berinvestasi dapat semakin tinggi seperti misalnya penggunaan produk investasi reksa dana.

“Sebelum membeli reksa dana, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengerti bagaimana profil risiko kita masing-masing sebelum mengalokasikannya,” tutur Indra.

Salah satu instrumen investasi yang cocok bagi pemula adalah reksa dana pendapatan tetap. Melalui reksa dana pendapatan tetap, investor dapat mengalokasikan uangnya untuk kebutuhan jangka panjang.



Sebagai contoh reksa dana pendapatan tetap yaitu, MNC Dana Likuid dan MNC Dana Syariah yang dapat dibeli mulai dari Rp 00.000 melalui website MotionFunds yang dapat diakses pada alamat www.motionfunds.id .
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3674 seconds (0.1#10.140)