Menteri ESDM Sebut Industri Nakal Penyebab Solar Subsidi Langka

Senin, 11 April 2022 - 16:50 WIB
loading...
Menteri ESDM Sebut Industri Nakal Penyebab Solar Subsidi Langka
Solar subsidi masih langka di sejumlah daerah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ), Pertamina dan BPH Migas melakukan peninjauan ke beberapa SPBU di wilayah Kota Bengkulu guna memastikan pasokan dan suplai BBM dan LPG aman selama Ramadhan.



Menteri ESDM Arifin Tasrif menyoroti fenomena kekosongan solar subsidi di sejumlah SPBU. Menurutnya, banyak industri nakal yang seharusnya tidak menggunakan solar subsidi namun tetap memakainya.

"Hari ini kita melihat di lapangan bahwa masih ada yang menggunakan BBM tidak sesuai peruntukannya, banyak solar subsidi dipakai untuk kegiatan industri. Inilah yang mengakibatkan masyarakat tidak mendapatkan BBM subsidi tersebut," kata Arifin, dikutip Senin (11/4/2022).



Dalam peninjauan tersebut, ia menjelaskan, pemerintah mengalokasikan solar subsidi untuk masyarakat yang perlu dibantu dan membutuhkan, bukan diperuntukkan kepada industri yang melakukan bisnis komersial.

Untuk itu, ia mengimbau agar para pelaku industri yang selama ini menggunakan solar subsidi baik secara langsung ataupun tidak untuk memakai BBM yang tidak bersubsidi. Arifin mengakui bahwa saat ini terjadi perubahan harga yang cukup besar dikarenakan harga minyak dunia yang meningkat.



"Ini yang tidak bisa dikendalikan karena harga minyak dunia saat ini meningkat sangat tinggi. Untuk itu, kami harus bisa mengalokasikan subsidi dengan tepat dan masyarakat harus disiplin untuk bisa menggunakan sesuai haknya," kata Arifin.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)