Catatkan Saham di BEI, Teladan Prima Agro Incar Dana Rp300 Miliar

Selasa, 12 April 2022 - 09:52 WIB
loading...
Catatkan Saham di BEI, Teladan Prima Agro Incar Dana Rp300 Miliar
PT Teladan Prima Agro Tbk hari ini resmi mencatatkan sahamnya di papan utama BEI dengan kode saham TLDN. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Teladan Prima Agro Tbk hari ini resmi mencatatkan sahamnya di papan utama Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham TLDN. Sebagai emiten terbaru di lantai bursa, TLDN merupakan perusahaan ke-16 yang tercatat di BEI pada tahun 2022.

PT Teladan Prima Agro Tbkmerupakan perusahaan agribisnis yang beroperasi sejak 2004 dengan fokus pada pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit berkelanjutan, serta energi terbarukan.



Perusahaan kelapa sawit yang seluruh lahan konsesinya berada di Kalimantan Timur ini melepas sebanyak 517.681.200 saham baru dengan nilai nominal Rp100 per saham atau sebanyak 4% dari modal ditempatkan atau disetor penuh. Harga penawaran dari aksi korporasi ini ditetapkan sebesar Rp580 per saham.

Masa penawaran umum saham (public offering) telah berlangsung pada 4-8 April 2022 dengan harga penawaran sebesar Rp580 setiap saham dan jumlah dana hasil penawaran umum sebesar Rp300,359 miliar.

Manajemen perseroan dalam siaran persnya menyebutkan, seluruh dana Hasil Penawaran Umum setelah dikurangi dengan biaya emisi, sekitar 71% akan digunakan untuk belanja modal Perseroan yaitu akuisisi perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit.

Sisanya, sekitar 29% akan digunakan untuk penyetoran modal kepada perusahaan anak yaitu sekitar 15% akan dilakukan penyetoran modal kepada PT Telen Prima Sawit, yang selanjutnya akan digunakan untuk belanja modal untuk pembangunan fasilitas pabrik pengolahan inti sawit beserta seluruh pengurusan perizinannya.

Pembangunan fasilitas pabrik tersebut dalam rangka upaya hilirisasi dan peningkatan nilai jual pada produk diolah. Kapasitas pabrik pengolahan inti sawit yang akan dibangun di Kabupaten Kutai Timur ini direncanakan sebesar 100 ton inti sawit/hari.

Selanjutnya, sekitar 14% akan dilakukan penyetoran modal kepada PT Daya Lestari, yang selanjutnya akan digunakan untuk belanja modalpembangunanbiogas power plant/pembangkit listrik tenaga biogas yang berlokasi di Kabupaten Kutai Timur beserta seluruh pengurusan perizinannya.



Pembangkit listrik tenaga biogas tersebut, dengan potensi produksi gas yang dihasilkan direncanakan sebesar 5.300.000 Nm3 per tahun, berpotensi menghasilkan listrik berkapasitas sampai 1,2 MW.

"Keberhasilan pencatatan TLDN hari ini merupakan langkah bersejarah bagi Perseroan yang resmi menempatkan kami sebagai perusahaan publik. Raihan dana baru yang terhimpun dari masyarakat akan membuka pintu bagi kami untuk melakukan akuisisi baru guna menambah konsesi kelapa sawit yang sudah ada. Selain itu, kami juga berencana untuk membangunKernel Crushing PlantdanBiogas Power Plant," ujar Direktur Utama PT Teladan Prima Agro Tbk Wishnu Wardhana, Selasa (12/4/2022).

Saham TLDN memperoleh respon yang positif dan permintaan yang tinggi dari para investor. Hal ini tercermin dari kelebihan permintaanpoolingsebesar 16 kali. "Catatan kinerja dan portofolio operasional kami yang baik menjadi landasan kepercayaan investor terhadap potensi pertumbuhan Perseroan," tambah Wishnu.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)