Jangan sampai kenaikan BBM timbulkan inflasi

Senin, 29 April 2013 - 18:18 WIB
Jangan sampai kenaikan BBM timbulkan inflasi
Jangan sampai kenaikan BBM timbulkan inflasi
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan menyatakan, kenaikan harga BBM akan membantu neraca perdagangan nasional secara langsung maupun tidak langsung.

Selama ini, neraca perdagangan sangat tertekan oleh importasi produk minyak dan gas (migas) yang terus membesar dan telah membuahkan defisit. Meski demikian, pemerintah harus mencari solusi yang bijaksana dalam menaikan harga BBM.

"Jangan sampai ini bisa membuahkan tren inflasi yang tidak terkendali. Ini tentunya rakyat atau masyarakat luas jangan sampai dibebani dengan kenaikan harga yang cukup besar. Jadi konpensasi-konpensasi untuk masyarakat luas itu harus dipikirkan," kata Gita di Aula Barat ITB, Bandung, Senin (29/4/2013).

Menurutnya, hal tersebut yang disampaikan Kemendag kepada pemerintah. Di mana saat ini tengah berlangsung rapat kabinet terbatas yang membahas kenaikan harga BBM. Gita mengaku tidak bisa mengikuti rapat tesebut karena dalam waktu yang bersamaan harus mengisi kuliah umum di ITB.

Selain itu, Gita juga tidak mengetahui apakah opsi kenaikan BBM menjadi Rp6.500 menjadi keputusan pemerintah. Dalam rapat terbatas, opsi itu dibahas kementerian terkait dan Presiden.

"Saya tidak tahu, jadinya nanti biar Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan di bawah Menko Perekonomian dan Presiden yang menentukan," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6292 seconds (0.1#10.140)